Saturday, January 30, 2010

Google Diagnostic Page

Karena makin maraknya penyebaran malware melalui internet, kini google menyediakan sebuah layanan diagnostic. Google diagnostic page merupakan sebuah layanan gratis yang disediakan oleh google. Dimana layanan ini berfungsi untuk menditek apakah halaman web/blog anda mengandung malware atau tidak.
Anda dapat menguji halaman web/blog anda pada google diagnostic page dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Buka browser
2. ketikan http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://yoursite.com
ganti tulisan http://yoursite.com dengan alamat web/blog anda,
contoh:
http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://seo-analyzer.blogspot.com/

Disitu google akan memberitahukan status web/blog anda, apa yang terjadi saat Google mengunjungi situs anda, apakah situs anda bertindak sebagai perantara yang mengakibatkan penyebaran malware dan lain sebagainya.

Hal ini perlu anda lakukan karena sekarang telah banyak anti virus yang dapat menditek suatu situs yang mengandung malware. Bayangkan apa yang akan terjadi apabila visitor anda mempunyai sebuah anti virus yang menditek situs anda sebagai malware. Mungkin mereka akan langsung meninggalkan situs anda dan tidak akan mengunjunginya lagi, sehingga trafik situs anda pun bisa jadi akan menurun.

Jadi pastikanlah bahwa situs anda tidak mengandung malware yang dapat membahayakan pc/laptop pengunjung, sehingga para pengunjung pun merasa aman saat mengunjungi situs anda.

Duplicate Pages

"Dalam pengembangannya, sebuah situs pasti memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Untungnya, problem-problem yang ada biasanya bisa terdeteksi; misalnya, sebuah broken link yang berujung kepada 404. Bila kita tahu gejalanya, kita bisa mulai mencari penyebab masalah tersebut. Tapi tidak semua masalah memiliki gejala yang bisa jelas terlihat seperti duplicate pages.

Kadang hal ini juga memang sengaja dilakukan untuk meningkatkan SERP suatu keyword. Praktisioner SEO banyak yang terlalu terbius dengan meta tag dan link building. Mereka sering kali melupakan status dari situsnya sendiri.Dan masih banyak dari mereka yang tidak sadar akan adanya duplicate pages di website mereka dimana duplicate pages adalah halaman-halaman yang dinilai kembar oleh search engine. Hal ini biasanya ditemukan pada web/blog yag mengikuti suatu kontes SEO seperti Astaga.com lifestyle on the net, Indonesia Java International Destination, nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular yang sekarang lagi booming.

Sebuah halaman tidak harus sama persis dengan sebuah halaman lainnya untuk dinilai sebagai duplicate pages. Kedua halaman tersebut bisa saja berbeda sedikit. Tetapi kalau secara garis besar, kontennya sama, search engine akan menilai mereka sebagai duplikasi.

CATATAN: banyak rumor yang beredar (bahkan dari sumber yang sering saya baca) bahwa Google memberikan penalti untuk situs-situs yang memiliki duplicate pages. Pada umumnya, Google tidak memberikan penalti bila mereka merasa halaman kembar yang ada terjadi karena ketidak-sengajaan / ketidak-tahuan.

Akibat dari masalah duplicate pages ini Google menyatakan bahwa mereka bisa melakukan manuver untuk mendeteksi duplicate pages dan meng-index halaman situs dengan normal. Tetapi mereka juga mengatakan bahwa halaman kembar memang akan membingungkan bagi robot-robot crawler dan akan memberikan mereka kesulitan yang sebenarnya tidak perlu. Walaupun demikian, mereka tetap bisa memfilter kembaran yang ada dan menetapkan satu versi halaman dari sekian banyak yang sama berdasarkan algoritma mereka.

Dan inilah problem terbesar bagi kita: versi yang diindex oleh search engine mungkin bukanlah versi yang sebenarnya kita inginkan untuk mereka catat. Tidak menangani duplicate pages sama saja artinya dengan membiarkan keberadaan website kita di halaman hasil cari ditentukan oleh search engine. Kita seharusnya memiliki kuasa atas apa yang ingin kita tampilkan dan yang tidak.

Google Dance

Google Dance adalah sebuah istilah yang dipergunakan untuk menyebut bahwa suatu web yang rangkingnya tiba-tiba turun tak karuan entah kemana berada, namun bukan berarti rangkingnya turun dalam sebenarnya melainkan saat itu web tersebut masih dalam proses update rangking oleh google sehingga posisinya tak karuan.

Google mengirimkan robot /spider untuk melakukan crawling terhadap website dan melakukan pengarsipan terhadap setiap website yang ditemukan.
Website yang sudah diarsip akan ditampikan pada upadate index (database) google berikutnya
Proses update dilakukan setiap 30 hari atau kadang-kadang lebih ..
Google memiliki 3 jenis online server www yaitu :


www.google.com - Alamat utama/homepage google.
www2.google.com
www3.google.com www2 & www3 servers sering diasumsikan oleh kebanyakan orang sebagai testing server (walaupun kenyataannya tak seorang pun tahu - di luar orang dalam Google)
Selama update, 3 server memmberikan hasil dan data yang berbeda.
Karena hasil yang berbeda dari tiap server (seperti menari), maka ini dikenal dengan nama 'Google Dance'.
Selama "menari", hasil servers www2 & www3 memberikan hasil yang lumayan mirip.
Dengan efek menari ini, kemungkinan posisi situs kita di search engine google melorot tajam atau bahkan hilang sama sekali . Waduh..
Berapa lama situs kita akan terpengaruh oleh Google Dance? Tidak tentu. Bisa dalam hitungan hari, minggu, maupun bulan. Yang jelas, pastikan saja proses update tetap dilakukan dan kita tidak melakukan perubahan layout secara signifikan (Kata Cosa Aranda) .


Bagi yang ingin mencoba SEO tools Google dance, silahkan isi form dibawah ini










Check Servers:
www, www2, www3
SEOChat.com



Include:
Nonewww.google.aewww.google.aswww.google.atwww.google.azwww.google.bewww.google.biwww.google.cawww.google.cdwww.google.cgwww.google.chwww.google.clwww.google.co.crwww.google.co.huwww.google.co.ilwww.google.co.inwww.google.co.jewww.google.co.jpwww.google.co.krwww.google.co.lswww.google.co.nzwww.google.co.thwww.google.co.ukwww.google.co.vewww.google.com.arwww.google.com.auwww.google.com.brwww.google.com.cowww.google.com.dowww.google.com.fjwww.google.com.grwww.google.com.hkwww.google.com.lywww.google.com.mtwww.google.com.mxwww.google.com.mywww.google.com.nfwww.google.com.niwww.google.com.npwww.google.com.pawww.google.com.pewww.google.com.pkwww.google.com.prwww.google.com.pywww.google.com.ruwww.google.com.sgwww.google.com.svwww.google.com.trwww.google.com.twwww.google.com.uawww.google.com.uywww.google.com.vcwww.google.com.vnwww.google.dewww.google.djwww.google.dkwww.google.eswww.google.fiwww.google.fmwww.google.frwww.google.ggwww.google.glwww.google.gmwww.google.hnwww.google.iewww.google.itwww.google.kzwww.google.liwww.google.ltwww.google.luwww.google.lvwww.google.mswww.google.muwww.google.mwwww.google.nlwww.google.plwww.google.pnwww.google.ptwww.google.rwwww.google.sewww.google.shwww.google.skwww.google.smwww.google.tdwww.google.uzwww.google.vg



Results:
101520253050100



Align:
VerticallyHorizontally



Mode:
CompactStandard











Search Google for:








Save Preferences





nowGoogle Indonesia Multiple Searh Engine

memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci yang sama di beberapa situs di jendela tunggal. Anda tidak perlu membuka semua situs, hanya dengan menggunakan tab anda dapat mencari kata kunci Anda. Anda dapat mencari web, video, foto, blog, musik, lirik, download, buku, dan lain-lain.

Mulai sekarang dengan teknologi multiple search engine, anda dimanja untuk melakukan pencarian dengan satu search engine, hasil pencarian menampilkan beberapa search engine sekaligus dengan satu window browser saja! Karena kami telah menyediakan 10 mesin pencari sekaligus dalam 1 informasi yang anda cari, nowGoogle.com telah dilengkapi dengan mesin pencari sebagai berikut untuk kepuasaan anda:

1. Google
2. Yahoo
3. Bing
4. Ask
5. AllTheWeb
6. AOL
7. Lycos
8. Dogpile
9. AltaVista
10. Clusty

Jadi jika anda tidak menemukan jawaban di Google, maka anda dapat langsung melihat hasil dari Yahoo, Bing dan lainnya semua dalam 1 lembar halaman tanpa perlu lagi membuka halaman baru.

Bukan itu saja anda juga dapat lebih fokus melakukan pencarian berdasarkan mode pencarian yang anda inginkan. Misal anda ingin mencari Ebook! Pindahkan mode pencarian ke Ebook, ratusan bahkan ribuan ebook dapat anda download!

Kenapa harus menggunakan multiple search engine? Selain keunggulan yang sudah ditulis diatas, penggunaan multiple search engine akan menampilkan hasil pencarian yang beragam dari beberapa search negine. Karena teknologi dari sebuah mesin pencarian pasti berbeda, maka untuk itu untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat, gunakan Multiple Search Engine.

Tunggu apa lagi, segera kunjungi nowGoogle.com dan nikmati layanannya.

Cara Mengubah Judul Blog ke Artikel Pada Search Engine

Banyak sekali cara yang dilakukan agar SEO friendly, salah satu diantaranya ialah dengan mengubah judul blog anda ke judul artikel atau postingan pada search engine.
Teknik ini sangat penting dilakukan agar tampilan blog anda pada search engine bukanlah judul blog yang didahului, melainkan judul artikel atau postingan yang setelah itu diikuti dengan judul blog anda.
Hal tersebut secara logika sangatlah berguna, karena pada saat seorang user melakukan pencarian pada mesin pencari, kemungkinan besar kata atau kalimat yang diketikan sesuai dengan judul artikel atau postingan anda dan bukan nama atau judul blog anda. Sehingga mesin pancari pun akan mengurutkan yang terlebih dahulu muncul ialah judul blog - judul artikel sesudah itu barulah judul artikel - judul blog.
Berikut cara cara mengubah judul blog ke judul artikel pada search engine :
  1. Masuk ke Layout > Edit HTML
  2. Cari (CTRL+F) <title><data:blog.pageTitle/></title>
  3. Ganti tag tersebut dengan:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <title><data:blog.title/></title> <b:else/> <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title> </b:if>

4. Setelah itu simpan dan selesai.

Make Over Meta Description Anda

"Memperbaiki kualitas meta description anda dapat meningkatkan kesempatan situs anda mendapatkan klik menjadi lebih besar (Peningkatan CTR), berikut akan saya jelaskan mengapa meta description itu penting.

Mengapa Google peduli tentang meta description?
Google ingin mengambarkan hasil pencarian secara akurat melalui meta description. Google lebih memilih untuk menampilkan meta description dari sebuah halaman (jika ada) karena meta description memberikan penjelasan tentang isi dari sebuah URL. Ingatlah bahwa penulisan keyword kedalam meta description secara berulang - ulang tidak dapat membantu menaikkan ranking website anda, seperti kebanyakan yang orang pikir selama ini. Penulisan meta description dengan benar seperti halaman hosting gratis ini, dapat meningkatkan CTR (klik) situs anda.

Bagaimana strategi meta deskripsi yang baik?
Gunakan meta description yang berbeda untuk setiap halaman
Ciptakan "meta description" yang akurat dan sesuai untuk setiap halaman situs anda. Apabila anda memiliki banyak halaman website dan tidak mungkin untuk memberi deskripsi satu persatu, anda dapat memprioritaskan halaman - halaman mana yang memang seharusnya ditambahkan deskripsi, seperti halaman depan (home page), atau halaman - halaman popular yang lainnya seperti halaman tutorial photoshop ini atau halaman hacking ini.

Buatlah deskripsi yang berkualitas!
Untuk yang terakhir, pastikan meta description lebih deskripsi. Kualitas meta description dapat saja dengan mudah menjadi kurang baik karena hilangnya perhatian kita terhadap hal yang satu ini karena di sebabkan suatu hal yang sepele yaitu tidak terlihatnya meta description di web kita secara langsung oleh visitor. Tapi meta description akan di tampilkan di Google Search Result -- Jika deskripsinya memang cukup berkualitas. Sedikit perubahan pada meta description anda (menjadi lebih berkualitas), maka secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas dan jumlah traffict visitor anda. Hal ini dapat anda menfaatkan untuk mendapatkan Targeted Visitor .

Pengenalan dan Panduan Google Webmaster Tools

"Mungkin 90% dari teman - teman semua sudah mengetahui keberadaan Google Webmaster Tools, di sini saya akan mencoba memperkenalkan Google Webmaster Tools beserta beberapa fungsi dari Toolsnya yang penting dan sering digunakan.
Google Webmaster Tools adalah sebuah alat dan media yang digunakan google untuk berkomunikasi dua arah antara pihak google dan kita sebagai webmaster.
Dengan Google Webmaster Tools kita dapat mengoptimalkan proses indexing.
Sebagai contoh apakah anda pernah melihat suatu 'website yang memiliki halaman yang dalam', maksudnya dari:

Halaman Depan -> Category -> Catalog -> Product

Dimana halaman product tersebut tidak mendapatkan link dari halaman depan, bot google pasti akan sangat kesulitan mencapai halaman product untuk mengcrawl nya. Nah disinilah salah satu keuntungan apabila kita menggunakan Google Webmaster Tools, khususnya tools yang bernama 'Google Sitemap' dan tentunya kalau bisa anda juga Membuat Halaman Web Menjadi Search Engine Friendly, Fungsi lebih lanjut tentang 'Google Sitemap' akan saya jelaskan di bawah ini:

1. Google Sitemap:
adalah sitemap yang berisi daftar url website kita

Fungsinya adalah mempermudah bot google untuk masuk dan mengcrawl, halaman halaman yang telah kita sediakan url-nya di atas

Seperti yang telah saya sebutkan tadi di atas, tentang 'website yang memiliki halaman yang dalam', google bot akan sangat kesulitan masuk dan mengcrawl halaman product, nah karena kita sudah menyediakan URL Halaman Product di Google Sitemap maka google bot mudah mencapainya

Komponen dalam Google Sitemap:

loc : isi dengan URL anda
lastmod : isi dengan tanggal terbaru, formatnya th-bln-hari contoh 2007-10-05
changefreq : isi dengan frekwensi perubahan ex. always, daily, weekly
priority : tentukan prioritas antara 0.1 - 1.0

Contoh :
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<urlset xmlns="http://www.google.com/schemas/sitemap/0.84">
<url>
<loc>http://www.ilmuwebsite.com/</loc>
<lastmod>2007-10-05</lastmod>
<changefreq>always</changefreq>
<priority>1.0</priority>
</url>

<url>
<loc>http://www.ilmuwebsite.com/sitemap/</loc>
<lastmod>2007-10-05</lastmod>
<changefreq>daily</changefreq>
<priority>1.0</priority>
</url>

<url>
<loc>http://www.ilmuwebsite.com/gb/</loc>
<lastmod>2007-10-05</lastmod>
<changefreq>always</changefreq>
<priority>0.9</priority>
</url>
</urlset>


2. Robot.txt
60 % pasti anda semua sudah mengetahui Robot.txt
ya.. Robot.txt adalah suatu file yang berisi restrict / peraturan yang di tujukan kepada bot / crawler agar tidak mengindek suatu halaman website atau directory atau bahkan seluruh struktur website, tergantung restrict nya, dalam Google Webmaster Tools juga ada Robot validator-nya

3. Link
Pada menu link anda dapt melihat daftar inbound link, internal page, dan anda juga bisa melihat seberapa banyak halaman website anda yang telah di index oleh Google

4. Domain Preference
Domain Preference adalah pemilihan awalan dari domain anda apakah menggunakan 'www' atau 'tanpa www'

Ex.
menggunakan www
www.seo-analyzer.blogspot.com

tidak menggunakan www
seo-analyzer.blogspot.com

Domain Preference sangat berpengaruh dalam Search Engine Result Page

5. Crawl Speed
Anda dapat menentukan akan memperlambat atau mempercepat frekwensi google bot datang ke website anda, jika anda menganggap google bot terlalu sering datang dan menghabiskan bandwidth, maka anda dapat menurunkan Frekwensi nya

Masuk ke google webmaster tools anda harus punya Google Accounts, bahasa lain anda paling tidak harus punya Google Email

Ini link nya menuju Google Webmaster tools:
http://www.google.com/webmasters/
atau
http://www.google.com/webmasters/tools/

Masih banya fungsi fungsi yang lain dari Google Webmaster Tools yang belum saya jabarkan.
sekian penjelasan dari saya... terimakasih

Untuk melihat blognya : Official Google Webmaster Central Blog

Fungsi dan Cara Pakai Robots.txt & Robots Meta Tag

Setiap mesin pencari memiliki robot-robotnya masing-masing yang bertugas untuk menelusuri halaman-halaman yang ada di web dan kemudian memasukkannya ke dalam index mereka. Robots.txt dan robots meta tag dibuat dan ditujukan untuk para robot tersebut. Keduanya memiliki fungsi yang sama, hanya bentuknya saja yang berbeda. robots.txt adalah sebuah file text yang berdiri sendiri, sedangkan robots meta tag terdapat di bagian header dari source code halaman itu sendiri.

Prinsip cara kerja Robots
Ketika robot search engine menelusuri sebuah website, mereka memeriksa apakah ada file yang ditujukan untuk mereka yang bernama “Robots.txt”. Kalau ya, mereka akan memeriksa terlebih dahulu file tersebut dan kondisi apa saja yang telah ditetapkan di sana untuk mereka patuhi. Kalau tidak ada, mereka langsung pergi ke halaman-halaman yang ada dan bisa mereka telusuri dan kemudian memeriksa bagian header. Jika ada robots meta tag, mereka akan menjalankan perintah yang dituliskan di sana. Jika tidak, mereka akan melanjutkan tugas mereka seperti biasa.
Jadi bisa dikatakan bahwa Robots.txt adalah file yang memberikan perintah secara global untuk sebuah situs, sedangkan robots meta tag adalah sedikit perintah melalui coding secara lokal untuk sebuah halaman di dalam sebuah situs.
Mungkin terkesan membingungkan tapi sebenarnya idenya sangatlah simple.

Bentuk dan cara pakai Robots.txt
Robots.txt adalah file dengan extension .txt yang biasanya diupload ke root folder sebuah situs. Berikut adalah tampilan root folder untuk blog ini melalui FTP:

Isi dari file itu sendiri sangatlah simple karena hanya berupa perintah-perintah dengan tujuan untuk memblokir halaman apa dari robot search engine yang mana. Syntax / bentuk penulisannya juga sangat mudah. Contoh:
User-agent: googlebot
Disallow: /
User-agent adalah nama variable untuk robot search engine. Disallow adalah perintah untuk memblokir sebuah halaman / file dari search engine yang ditetapkan di variable User-agent.
Jadi perintah di atas berarti: blokir semua halaman dari googlebot (‘/’ menunjukkan level paling atas dari sebuah situs).
User-agent: googlebot-image
Disallow: /images/
Perintah di atas berarti: blokir semua halaman / file di dalam folder images
User-agent: robots
Disallow: /contoh/*.jpg
User-agent: Yahoo-Test
Disallow: /hahahihi.html

Perintah di atas ditujukan untuk 2 pihak:
  1. untuk semua robot: blokir semua file dengan extension .jpg (gambar) dari folder contoh
  2. untuk yahoo bot: blokir halaman dengan nama hahahihi
CATATAN: daftar lengkap User-agent bisa kamu lihat di user-agents.org

Bentuk dan cara pakai robots meta tag
Bentuknya mirip seperti meta tag lainnya dan berlokasi di bagian header setiap halaman:

Syntaxnya seperti yang kamu lihat:
meta name="" content=""
Yang harus kamu lakukan hanyalah menulisnya sendiri ke dalam bagian header dari coding halaman kamu. Sangat mudah!

Robots meta tag: command / perintah yang paling berguna

  • noindex: halaman yang mendapat tag “noindex” tidak akan dimasukkan ke dalam index search engine
  • nofollow: semua link di dalam halaman yang mendapat tag “nofollow” akan diperlakukan sama dengan jika mereka dipasang tag rel=”nofollow”.
  • noydir: mesin pencari menggunakan beberapa sumber untuk ditampilkan sebagai deskripsi / sinopsis di bawah title di halaman hasil cari, salah satunya adalah dari Yahoo! Directory. Jika kamu memasukkan situs kamu ke direktori online tersebut, halaman yang mendapat tag noydir tidak akan mengambil deskripsi yang telah ditetapkan di sana
  • noodp: open directory (yang paling terkenal adalah dmoz.org) juga sebuah sumber deskripsi untuk ditampilkan di halaman hasil cari. Jika kamu memasukkan situs kamu ke direktori online tersebut, halaman yang mendapat tag noodp tidak akan mengambil deskripsi yang telah ditetapkan di sana
  • noarchive: robot mesin pencari tidak akan men-cache halaman dengan tag ini. Dengan demikian, halaman ini juga tidak akan masuk ke dalam catatan arsip online seperti archive.org
“Bagaimana misalkan kalau “noindex” dipasang setelah halamannya terlanjur terindex?”
Ketika robot mesin pencari datang lagi ke situs kamu dan melihat perintah noindex baru yang kamu berikan di meta tag halamannya, halaman tersebut akan ditarik dari index search engine sepenuhnya.
TIPS: selain memiliki fungsi yang sedikit berbeda, kamu juga sebaiknya menggunakan robots.txt dan robots meta tag secara bersamaan untuk lebih amannya. Terkadang ada search engine yang tidak melihat robots meta tag tapi melihat robots.txt dan juga sebaliknya

Manfaat menggunakan robots

Tujuan utama menggunakan robots.txt adalah untuk mengatur jalan kerja robot crawler untuk tidak melirik halaman-halaman yang berpotensi dinilai kembar. Tapi teknik ini juga dapat digunakan untuk beberapa hal lainnya, seperti:
  1. mencegah search engine mencatat halaman-halaman yang memiliki informasi pribadi sehingga informasi tersebut tidak bisa didapat sebagai hasil cari.
  2. Halaman-halaman yang bersifat internal juga biasanya tidak diindex. Contohnya: agak kurang masuk akal kalau halaman contact us dicatat di search engine bukan? Contact page ditujukan untuk menjadi contact point bagi orang-orang yang memang tertarik dengan situs tersebut. Biasanya orang-orang tersebut sudah menghabiskan beberapa waktu di dalam situsnya dan barulah mereka ingin untuk berhubungan lebih lanjut.
  3. file-file yang bersifat internal seperti file-file wordpress yang terdapat di robots.txt blog ini.
Ini adalah teknik yang sangat mudah untuk dilakukan, tidak menghabiskan waktu yang banyak, tapi sangat bermanfaat untuk menetapkan kuasa atas visibilitas situs kita di search engine.

Dasar-dasar Google

Ketika Anda duduk di komputer Anda dan melakukan pencarian di Google, Anda hampir seketika disajikan dengan daftar hasil dari seluruh web. Bagaimana cara Google menemukan halaman web yang cocok dengan permintaan Anda, dan menentukan urutan hasil pencarian?
Dalam istilah sederhana, Anda bisa memikirkan mencari web seperti tampak dalam buku yang sangat besar dengan indeks yang mengesankan memberitahu Anda tepat di mana segalanya berada. Ketika Anda melakukan pencarian Google, program-program memeriksa indeks kami untuk menentukan hasil pencarian yang paling relevan untuk dikembalikan ( 'disajikan') kepada Anda.

Tiga proses penting dalam memberikan hasil pencarian untuk Anda
Crawling: Apakah Google mengetahui tentang situs Anda? Bisakah kita menemukannya?
Crawling adalah proses yang Googlebot menemukan halaman baru dan diperbarui yang akan ditambahkan ke indeks Google.
Google menggunakan seperangkat komputer besar untuk mengambil (atau 'merangkak') milyaran halaman web. Program yang melakukan mengambil disebut Googlebot (juga dikenal sebagai robot, bot, atau spider). Googlebot menggunakan proses algoritmik: program komputer untuk menentukan situs mana yang merangkak, seberapa sering, dan berapa banyak halaman untuk mengambil dari setiap situs.
Proses penjelajahan Google dimulai dengan sebuah daftar URL halaman web, yang dihasilkan dari proses merangkak sebelumnya, dan ditambah dengan Sitemap data yang diberikan oleh webmaster. Sebagai Googlebot dilihat masing-masing dari situs ini mendeteksi link pada setiap halaman dan menambahkannya ke dalam daftar halaman merangkak. Situs baru, perubahan pada situs yang ada, dan link mati dicatat dan digunakan untuk memperbarui indeks Google.
Google tidak menerima pembayaran untuk merangkak situs lebih sering, dan kita tetap sisi pencarian bisnis kami terpisah dari pendapatan kami menghasilkan layanan AdWords.

Indexing: Apakah Google mengindeks situs Anda?
Googlebot proses setiap halaman yang dirangkaknya dalam rangka untuk menyusun indeks besar-besaran dari semua kata-kata itu melihat dan lokasi mereka pada setiap halaman. Selain itu, kami memproses informasi yang dimasukkan dalam konten kunci tag dan atribut, seperti Judul tag dan atribut ALT. Googlebot bisa memproses banyak, tapi tidak semua, tipe konten. Sebagai contoh, kami tidak dapat memproses isi dari beberapa file media kaya atau halaman dinamis.
Serving: Apakah situs Anda memiliki konten yang baik dan berguna yang relevan dengan pencarian pengguna?
Ketika seorang pengguna memasukkan query, pencarian mesin kami untuk pencocokan indeks halaman dan mengembalikan hasil yang kami percaya adalah yang paling relevan kepada pengguna. Relevansi ditentukan oleh lebih dari 200 faktor, salah satunya adalah PageRank untuk halaman yang diberikan. PageRank adalah ukuran dari pentingnya halaman yang berbasis pada link masuk dari halaman lain. Dalam istilah yang sederhana, setiap link ke halaman di situs Anda dari situs lain menambah PageRank situs Anda. Tidak semua link yang sama: Google bekerja keras untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan mengidentifikasi spam link dan praktek-praktek lain yang berdampak negatif terhadap hasil pencarian. Yang terbaik adalah jenis link yang diberikan didasarkan pada kualitas konten Anda.
Agar situs Anda untuk peringkat yang baik di halaman hasil pencarian, penting untuk memastikan bahwa Google dapat menjelajahi dan mengindeks situs Anda dengan benar. Panduan Webmaster menggariskan beberapa praktek terbaik yang dapat membantu Anda menghindari jebakan umum dan meningkatkan peringkat situs Anda.
Google Related Searches, Spelling Suggestions, dan Google Suggest fitur ini dirancang untuk membantu pengguna menghemat waktu dengan menampilkan istilah-istilah yang terkait, salah eja umum, dan populer queries. Seperti kita hasil pencarian google.com, kata kunci yang digunakan oleh fitur ini secara otomatis dihasilkan oleh web kami crawler dan algoritma pencarian. Kami menampilkan saran-saran ini hanya ketika kita berpikir mereka akan menghemat waktu pengguna. Jika situs pangkat baik untuk kata kunci, itu karena kita telah memutuskan bahwa algorithmically isinya lebih relevan dengan permintaan pengguna.

Bentuk Rancangan 0 : PP (Design Type 0 : PP)

Rancangan percobaan yang diusulkan oleh Hoblyn et al. (1954) untuk tiga penggolongan. Baris dan lajurnya ortogonal satu sama lain dan per­lakuan berimbang sebagian terhadap baris dan lajur.

Beda Rata-Rata (Mean Difference)

Ukuran pencaran yang diusulkan oleh Gini (1912) dan didasarkan atas rata-rata beda mutlak semua pasangan perubah yang mungkin disusun. Untuk perubah kontinu x dengan sebaran F(x), ukuran itu ialah:




untuk perubah diskret x dengan fungsi frekuensi




dengan diganti kalau kasus j = k diabaikan.

Beda Tetrad (Tetrad Difference)

Lihat hirarki

Beda Mutlak (Absoluute Difference)

Nilai mutlak beda antara nilai dua perubah, khususnya dua perubah acak. Pengertian ini digunakan untuk menyusun istilah nilai tengah beda.

Beda Nilai Tengah Probit (Mean Probut Difference)

Ukuran beda antara dua deret pengamatan yang menghasilkan dua garis regresi probit yang sejajar (Finney, 1943) yang merupakan beda tegak yang tetap antara kedua garis.

Beda Berimbang (Balanced Differences)

Dalam penarikan contoh sistematik dari deret terurut, satuan-satuan yang terpilih tidak ditentukan secara acak sehingga tidak ada penduga yang sah bagi salah penarikan contoh cara untuk mengatasi hal ini ialah dengan membuat beberapa lapisan berdasarkan "kelompok" deret yang sama panjangnya dan menganggap bahwa anggota-anggota deret dalam kelompok yang sama merupakan contoh acak dalam kelompok itu.

Jika dalam kelompok itu hanya ada dua anggotanya, penduga bagi salah penarikan contohnya didasarkan pada beda-bedanya. Kalau anggotanya lebih dari dua, penduga itu didasarkan pada fungsi-fungsi linear yang lebih kompleks untuk menghilangkan galat – sistematik. Misalnya untuk kelompok beranggota tujuh, dipergunakan "beda berimbang" berben­tuk:

Banyaknya suku-suku boleh seimbang, tetapi tujuh atau Sembilan sudah akan memperkecil keragaman sistematik cara yang sama dapat diper­gunakan untuk penarikan contoh sistematik berdimensi lebih dari satu.

Bated Uji (Battery Of Tests)

Serangkaian uji dalam psikologi terapan untuk meramalkan kesanggup­an setiap orang yang diuji untuk satu pekerjaan, atau lebih, atau untuk memperoleh perubahan-perubahan yang korelasinya dapat diusut men­jadi sekumpulan faktor atau faktor-faktor umum.

Bebas Sebaran Kuat (Strongly Distribution Free)

Bebas Sebaran Kuat (Strongly Distribution Free)

Pengertian yang sangat sukar dinyatakan dengan kata-kata Istilah ini dibuat oleh Birnbaum dan Rubin (1954) sehubungan dengan penyelidik­an hubungan antara statistik tataan, fungsi-fusngi setangkup, dan sifat­sifat bebas sebaran.

Batas Rata-Rata Mutu Keluaran (BRMK) (Average Outgoing Quality Limit)

Persentase butir cacat maksimum yang dapat terjadi sebagai rata-rata mutu keluaran. Pole penarikan contoh pengawasan dapat disusun dengan BRMK sebagai parameter dengan arti bahwa BRMK itu ialah persentase cacat maksimum yang dapat diterima.

Bateri Diboboti (Weighted Battery)

Sekelompok uji-uji pendidikan dan psikologi yang tingkat peranannya ditentukan oleh pembebanan suatu pembobot pada skor yang diperoleh dalam uji itu.

Batas Pengawasan Termodifikasi (Modifikasi Control Limit)

Batas penolakan yang digunakan sebagai batas pengawasan ketika meng­gunakan grafik Shewart dalam statistika pengawasan mutu.

Batas Penerimaan (Acceptance Boundary)

Istilah lain untuk garis penerimaan.

Batas Pengawasan Atas (Upper Control Limit)

Lihat grafik pengawasan.

Batas Yang Diperketat (Compressed Limit)

Batas yang dipersempit daripada batas-batas yang diperlukan dalam bidang pengawasan mutu dengan alasan agar barang-barang yang mutu­nya berada di luar batas-batas ini masih berada dalam wilayah batas yang tidak merugikan konsumen. Batas-batas yang diperketat ini sering dilakukan bila contoh barang yang diambil sedikit.

Batas Tolerasi Nonparametrik (Nonparametric Tolerance Limit)

Batas tolerance yang tidak tergantung pada parameter populasi. Ada kemungkinan — meskipun tidak selalu— untuk membedakan batas­-batas parametrik dalam hal bentuk populasi diketahui dengan batas-­batas bebas sebaran yang bentuk sebaran populasinya tidak diketahui (Lihat juga metode bebas sebaran).

Batas Pengawasan (Control Limit)

Lihat grafik pengawasan.

Basis (Base)

Sebuah bilangan atau besaran yang dipakai sebagai baku atau rujukan. Bilangan ini dapat berupa penyebut dari suatu nisbah atau suatu perhi­tungan persentase. Juga dapat berupa besaran dari suatu deret waktu tertentu yang digunakan sebagai titik awal bagi perhitungan suatu deret waktu nisbi baru --suatu bilangan indeks-- yang dapat menggambarkan hubungan antara pengamatan-pengamatan pada waktu-waktu ber­ikutnya dengan periode basis.

Batas Fidusial (Fidusial Limit)

Batas yang mencakup nilai parameter dalam inferensia fidusial. Penger­tian ini bersinonim dengan pengertian selang kepercayaan. Keduanya se­ringkali sama, tetapi alas-usul konseptualnya berbeda.

Banyaknya Pemeriksaan (Amount Of Inspection)

Banyaknya satuan (ukuran contoh) yang diambil dan diperiksa dalam pengawasan mutu dari tiap kelompok barang menurut rancangan pe­narikan contoh tertentu.

Banyaknya Keterangan (Amount Of Information)

Lihat keterangan.

Banyaknya Cacat Dapat Diperkenankan (Toleransi Number Of Defects)

Hasil penggandaan persen toleransi lot dengan ukuran (besarnya) lot yang diperiksa.

Banyaknya Anak Kelas Taksebanding (Disproportionate Subclass Number)

Dalam sidik ragam, kecuali dalam kasus klasifikasi tunggal, perhitungan dan pendugaan pengaruh-pengaruh kelas akan sederhana sekali apabila banyaknya pengamatan dalam anak kelas sama atau sebanding. Jika tidak demikian (bilangan anak kelas disebut tak sebanding), maka mes­kipun secara teoretik masalahnya sederhana, tetapi analisisnya jauh le­bih kompleks.

Banyaknya Anak Kelas Sebanding (Proportional Subclass Number)

Lihat sebaran sebanding.

Bahaya (Hazard)

Pada umumnya dalam kata ini terkandung pengertian peluang atau ri­siko (berasal dari kata Arab al zhar yang berarti 'dadu'). Istilah ini khusus digunakan dalam analisis ketahanan sistem-sistem fi­sik atau komponen. Dalam hal ini, bahaya dimaksudkan sebagai peluang bagi alat untuk tidak berfungsi lagi pada salang waktu (t; t + St). Kalau sebelumnya pada waktu t alat ini masih berfungsi, dinyatakan sebagai h(x) = f(x) / [1 — F(x)]. Jika laju (kegagalan atau kematian) ini diten­tukan pada beberapa waktu selama alat ini masih berfungsi, maka laju-­laju yang dihasilkan itu dipandang sebagai fungsi "bahaya."

Bagan Pengawasan Mutu (Quality Control Chart)

Lihat grafik pengawasan.

Bagan Wilayah (Range Chart)

Bagan yang digunakan dalam pengawasan mutu dengan kriteria syarat­-syarat mutu sebagai wilayah contoh. Bagan pengawasan ini digunakan untuk memeriksa keragaman mutu barang yang dihasilkan dari proses produksi. Wilayah ini kurang peka terhadap perubahan keragaman dibandingkan dengan ragam contoh, tetapi lebih mudah dihitung.

Bagan Penerimaan (Acceptance Control Chart)

Bagan sederhana dalam pengawasan mutu untuk memutuskan peneri­maan atau penolakan separtai barang. Keputusan ini diambil berdasar­kan apakah nilai tengah partai barang itu jatuh di dalam atau di luar daerah penerimaan.

Bagan Pemeriksaan Penarikan (Serial Sampling Inspection Schemes)

Contoh serial :

Bagan yang disusun dengan anggapan bahwa kumpulan benda yang di­hasilkan berurutan dalam suatu proses industri akan berkorelasi positif. Bagan dapat dibentuk menurut berbagai metode, termasuk yang ditu­runkan dari dalil Bayes, dan ditetapkan setelah membentuk suatu pro­ses stokastik yang mewakili sistem itu sehingga terdapatlah suatu kaidah penjatuhan keputusan untuk kumpulan-kumpulan tertentu.

Bagan Padanan L2 (L2 Association Scheme)

Rancangan kelompok taklengkap berimbang dengan dua kelas padanan disebut mempunyai bagan padanan L2 jika banyaknya perlakuan (s2) dapat diatur di dalam bujur sangkar sehingga dua perlakuan pada baris atau lajur yang sama merupakan padanan pertama; pasangan-pasangan perlakuan yang tidak terdapat pada baris dan lajur yang sama merupa­kan padanan kedua.

Bagan Melingkar (Circular Chart)

Metode penyajian dengan diagram yang komponen-komponennya dapat digambarkan berupa sektor lingkaran. Sudut yang membentuk sektor itu sebanding dengan ukuran komponen yang digambarkan. Untuk memudahkan melihat bagan ini, pemberian warna atau bayang­-bayang dapat pula dilakukan. Istilah lain ialah bagan kue.

Bagan Maju Gantt (Gantt Progress Chart)

Penggunaan grafik balok pada statistika industri. Keluaran digambarkan sebagai presentase jatah yang direncanakan per satuan waktu.

Bagan Lapisan (Strata Chart)

Bagan yang menggambarkan dua atau lebih deret waktu dengan peng­aturan skala tegak yang tidak membuat kurva deret-deret itu saling berpotongan. Pita-pita atau lapisan-lapisan yang terbentuk di antara dua kurva deret berurutan diberi warna berbeda. Jenis bagan ini perlu dalam penyajian data deret waktu yang dipotong dalam beberapa bagian.

Bagan Jalur (Band Chart)

Jika suatu besaran yang merupakan jumlah beberapa komponen dicatat dalam selang waktu yang berturut-turut sering ada baiknya menggam­barkan perubahan jumlah serta besarnya tiap-tiap, komponen itu dalam suatu bagan untuk setiap waktu pengamatan. Perubahan panjangnya selang yang menggambarkan ukuran komponen-komponen itu mengha­silkan jalur jalur sepanjang bagan. Jalur jalur ini dapat diberi warna untuk memudahkan penglihatan.

Bagan Balok Ganda (Multiple Bar Chart)

Denah yang menggambarkan dua atau lebih ciri dalam bentuk balok­balok yang panjangnya sebanding dengan besarnya ciri-ciri yang diwaki­linya. Misalnya, pada suatu denah yang membandingkan sebaran unlur dan jenis kelamin, dua populasi dapat digambarkan dengan pasangan balok-balok, suatu balok untuk masing-masing populasi dan sepasang bagi masing-masing kelompok umur (Lihat juga bagan balok kompo­nen).

Bagan Balok Komponen (Component Bar Chart)

Bagan balok yang memperlihatkan bagian-bagian komponen agregat yang digambarkan dengan panjangnya balok. Bagian-bagian komponen ini ditunjukkan oleh potongan-potongan balok yang panjangnya seban­ding dengan ukuran nisbinya. Penyajian secara visual dapat diperjelas dengan bayang-bayang silang atau warna-warna.

Bagan Balok (Bar Chart)

Penggambaran secara grafik frekuensi atau besaran dengan mengguna­kan balok-balok segi empat yang sebanding dengan frekuensi itu. Ada beberapa hal yang dapat ditambahkan pada pengertian ini. Misalnya, ba­gian-bagian suatu jumlah dapat ditunjukkan dengan membagi-bagi balok itu menurut panjangnya. Balok-balok ini pun dapat diberi warna untuk memudahkan penglihatan. Penambahan atau pengurangan dapat dicatat dengan menggambarkan, balok masing-masing di atas dan di bawah garis nol.

Bagan Asosiasi Persegi Empat (Rectangular Association Scheme)

Jika N adalah matrik rancangan suatu rancangan kelompok tak lengkap, berimbang sebagian dengan tiga kelas asosiasi, kedua modus klasifikasi (perlakuan-perlakuan pada N) untuk hubungan antara asosiasi perta­ma dengan asosiasi kedua dapat diimpitkan dalam bentuk jajaran perse­gi empat (Vartak, 1959).

Bagan Aksonometrik (Axonometeric Chart)

Bagan untuk menunjukkan benda tiga dimensi pada bidang datar; ste­reorgram.

Asas Sesal Minimaks (Minimax Regret Principle)

Alternatif bagi asas minimaks, fungsi yang diminimumkan adalah "sesal," yaitu kelebihan nilai fungsi risiko yang sebenarnya terhadap nilai terkecil yang mungkin dari fungsi ini.

Asas Minimaks (Minimax Principle)

Asas yang mengatakan bahwa keputusan hendaknya diambil dengan memperhatikan agar risiko maksimum dalam pengambilan keputusan yang salah diminimumkan. Asas ini dikembangkan dalam teori fungsi keputusan oleh Wald (1939).

Ayunan Terganggu (Disturbed Oscillation)

Deret waktu yang menunjukkan pergeseran terus-menerus pada periode dan amplitudo ayunannya.

Ayunan Teredam (Damped Oscillation)

Ayunan yang dialami oleh deret waktu berayun, amplitudo dari puncak ke lembahnya menurun terus sepanjang deret itu. Beberapa deret tertentu yang merupakan turunan dari suatu deret wak­tu, seperti korelogram, juga dikatakan mengalami ayunan teredam ini apabila menunjukkan gejala seperti di atas.

Ayunan (Oscollation)

Ayunan pada deret waktu atau umumnya pada deret tataan waktu atau ruang merupakan naik turunnya deret itu di sekitar nilai tengahnya. Pengertian ini berbeda dengan pengertian siklik yang merupakan periode; walaupun suatu deret siklik berayun, deret berayun tidak perlu siklik.

Awalan Acak Ganda (Multiple Random Strats)

Prosedur pemilihan satuan penarikan contoh sistematik yang diusulkan oleh Tukey, kemudian dikembangkan oleh penulis lainnya seperti Guatachi (1957). Dalam metode ini ditarik contoh acak tanpa pemilih­an berukuran s dari k buah satuan pertama dan selanjutnya berturut-­turut diambil satuan-satuan dengan urutan yang sama dari kelompok k satuan berikutnya.

Awalan Acak (Random Start)

Di dalam pemilihan contoh sistematik dengan selang-selang n dari popu­lasi terurut, kadang-kadang dilakukan pemilihan satuan contoh pertama dengan menarik secara acak satu satuan dari n satuan yang pertama po­pulasi itu. Contoh demikian dikatakan memiliki awalan acak.

Atribut (Attribute)

Ciri kualitatif suatu benda atau makhluk hidup; biasanya penggunaannya dibedakan dari perubahan atau ciri kuantitatif. Misalnya, untuk manu­sia, jenis kelamin adalah atribut, tetapi umur adalah perubah. Atribut itu seringkali merupakan dwisifat (dikotom). Setiap anggota populasi dapat digolongkan menjadi dua golongan sesuai dengan apakah anggota populasi itu mempunyai sifat tertentu atau tidak; klasifikasi ganda juga dapat dipandang berdasarkan atribut; misalnya, penggolongan orang menurut golongan darah.

Asosiasi Sebagian (Partial Association)

Ukuran asosiasi untuk ciri-ciri kualitatif anak populasi, analog dengan istilah korelasi sebagian bagi perubahan-perubahan kuantitatif. Misal­nya, jika A, B, dan C adalah tiga atribut, maka asosiasi sebagian antara A dan B dalam suatu keadaan C merupakan asosiasi antara dan dalam anak populasi yang dicirikan oleh atribut C.

Asosiasi Khayal (Illusory Association)

Assosiasi antara atribut-atribut yang dapat dibedakan secara statistika tanpa perlu terkandungnya suatu hubungan kausal diantara atribut-atri­but itu. Asosiasi demikian dapat terjalin antara atribut A dan B jika keduanya diasosiasikan dengan atribut lain C atau dengan perubahan waktu.

Asosiasi (Association)

Derajat ketaktergantungan atau ketergantungan antara dua buah atau lebih, baik yang diukur secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Dalam pengertian yang lebih khusus, istilah ini biasanya dipakai untuk menunjukkan hubungan antara dua perubahan dinilai (dikotom) se­perti pada tabel 2 x 2. Kontingensi adalah ukuran Hubungan antara dua perubah atribut yang dicantumkan dalam tabel mxn, dan korelasi di­pakai bagi dua perubah yang mempunyai wilayah nilai tertentu. Jika pads tabel 2x2 frekuensi kejadian masing-masing adalah a, b, c dan d, maka asosiasi antara kejadian A dan B di katakan positif jika.

a > (a+ b) (a + c)

a+b+c+d

Asosiasi ini negatif bila.

a < (a+ b) (a + c)

a+b+c+d

dan jika

a = (a+b)(a+c)

a+b+c+d

maka kedua kejadian dikatakan bebas.

Antitesis Faktor (Factor Antithesis)

Istilah yang biasanya dipakai dalam teori bilangan indeks, tetapi masih diragukan penggunaannya.

Misalnya, jika dalam indeks Laspeyres,

Peranan-peranan p dan q dipertukarkan sehingga menjadi




dan ini dibuat menjadi nisbah nilai sebenarnya, maka diperoleh;




yang disebut antitesis faktor indeks Laspeyres, atau yang dikenal dengan indeks Paasche.

Antitesis Waktu (Time Antithesis)

Rumus angka Indeks yang diturunkan dari rumus lain dengan memper­tukarkan subskrip yang menunjukkan periode basis dan periode yang diketahui, kemudian diambil kebalikannya (Lihat juga antitesis faktor).

Antarkorelasi (Intercorrelation)

Korelasi sejumlah perubah-perubah terhadap sesamanya, dan bukan korelasi antara perubah-perubah itu dengan perubah "luar" atau per­ubah taktergantung.

Antimodus (Antimode)

Jika sebaran frekuensi perubah acak x mencapai nilai minimum (kalau ada) pada x = a dan nilai minimum ini tidak sama dengan nol, maka di­katakan bahwa a merupakan antimodus sebaran frekuensi itu.

Antarkelompok (Interblock)

Lihat kelompok.

Antaian Tandem (Tandem Queues)

Keadaan keluaran (output) dari tahap pelayanan sistem antaian pertama yang dapat langsung menjadi masukan (input) pada suatu tahap pela­yanan sistem antaian yang kedua (Reich, 1957). Istilah ini berlainan dengan konsep antaian deret.

Antaian Deret (Series Queues)

Sistem antaian yang tiap-tiap satuan ketibaan dilayani secara berganti­an oleh fasilitas-fasilitas 1, 2,…., k yang merupakan bagian suatu sistem. Suatu konsep yang agak berbeda adalah antaian tandem.

Antaian Prioritas (Priority Queueing)

Semacam antaian yang aturan pelayanan langganannya ditentukan oleh suatu skema prioritas nisbi. Jadi, bukan siapa yang pertama datang akan lebih dulu dilayani.

Antaian (Line-Up)

Lihat masalah antaian.

Anomik (Anomie)

Lihat klisi.

Ansambel (Ensemble)

Gugus tak hingga realisasi pada proses stokastik tunggal. Konsep ini wring diperluas untuk diterapkan pada suatu contoh gugus realisasi.

Angka Indeks Konyus (Konyus Indek Number)

Indeks harga yang didasarkan pada besarnya anggaran konsumen yang optimum pada berbagai bidang. Jika taraf anggaran optimum konsumen sama dengan taraf anggaran optimum pada harga dasar, indeks itu dise­but laspeyres-konyus. Jika anggaran optimum harga suatu periode sebanding dengan periode dasar, indek itu disebut indeks Paasche-Ko­nyus. (Lihat juga persyaratan Konyus, indek Laspeyres, indek Paasche).

Angka Perbandingan Kematian (Comparative Mortality Figure)

Nisbah laju kematian baku terhadap laju kematian kasar dalam suatu populasi baku. Istilah ini juga dapat dipandang sebagai bilangan indeks bentuk Laspeyres (Lihat juga nisbah kematian baku).

Analisis Probit (Probit Analysis)

Analisis data respons kuantal dengan menggunakan transformasi probit.

Angka Indeks Diboboti (Weighted Index Number)

Angka indeks yang komponen-komponen butirnya diboboti sesuai dengan sistem pembobotan yang mencerminkan tingkat peranannya. Dari suatu segi, hampir semua angka indeks diboboti oleh penggunaan. Misalnya, suatu angka indeks harga menggabungkan harga-harga satuan besaran, dan ukuran satuan dapat bervariasi dari satu komoditi ke komoditi lain sedemikian rupa sehingga seperti dikenai pembobotan. Walaupun demikian, biasanya suatu indeks dikatakan "diboboti" hanya jika koefisien-koefisien pembobotan masuk secara eksplisit ke dalam de­finisi dan perhitungan indeks itu.

Analisis Kedekatan (Proximity Analysis)

Metode dalam taksonomi numerik untuk mengatur benda-benda pada suatu garis atau bidang atau ruang berdimensi tinggi sehingga yang mirip letaknya berdekaran dan menjauhi yang tak mirip.

Metode ini didasarkan atas penataan pangkat jarak antar titik dan pena­taan terbalik dari kemiripan (Lihat sidik gerombol).

Analisis Konfluensi (Confluence Analysis)

Metode analisis yang dikemukakan oleh Fisher pada tahun 1934 dalam usaha mengatasi kesukaran-kesukaran tertentu dalam analisis regresi jika ada kemungkinan terdapat hubungan-hubungan linear antara perubah­perubah penentu atau kesalahan-kesalahan pengamatan menunjukkan hubungan-hubungan yang hampir linear terhadap perubah-perubah pe­nentu.

Hubungan antara perubah-perubah penentu yang menghasilkan ketak­tentuan koefisien-koefisien persamaan regresi atau ketaktentuan karena kesalahan pengamatan di sebut hubungan konfluen.

Analisis (Sidik) Gerombol (Cluster Analysis)

Pendekatan umum bagi masalah perubah ganda yang bertujuan melihat apakah anggota-anggota (individu) termasuk dalam golongan-golongan atau gerombol-gerombol. Ada beberapa prosedur yang tersedia, tetapi semuanya tergantung dari penyusunan ukuran jarak (metrik) untuk me­nentukan "kedekatan" anggota-anggota itu.

Analisis Harmonik (Harmonic Analysis)

Analisis sederet nilai-nilai menjadi suku-suku penyusun yang periodik (lihat sidik Fourier, periodogram, fungsi spektrum).

Anak Kelas Taksama (Unequal Subclasses)

Lihat banyaknya anak kelas tak sebanding.

Anak Grup Dalam Kelompok (Intrablock Subgroup)

Dalam rancangan percobaan-percobaan faktorial setangkup dengan kelompok-kelompok tak lengkap, perlakuan dalam kelompok yang sama sebagai kontrol dapat dipandang membentuk suatu grup. Misal­nya, jika n faktor yang masing-masing pada due taraf, ke-2n perlakuan itu membentuk suatu grup yang bujur sangkar unsurnya merupakan identitasnya. Jika ada 2c kelompok (cada 2c-1 interaksi yang membentuk grup beranggota 2c. Ke— 2c—n perlakuaan mempunyai banyak butir yang bersama-sama membentuk anak grup dalam kelom­pok.

Amplitudo (Amplitude)

Nilai ordinat puncak atau jurang yang diukur dari nilai tengah atau garis kecenderungan. Kadang-kadang amplitudo juga berarti beda antara nilai puncak dan nilai jurang.

Anak Contoh (Cuplikan) (Subsample)

Contoh yang ditarik dari contoh. Anak contoh dapat dipilih dengan me­tode yang sama dengan metode yang dipergunakan untuk memilih con­toh asal, tetapi itu bukan suatu keharusan (lihat juga penarikan contoh berfase banyak). Kalau anak contoh ditarik untuk diperiksa dalam keseluruhan (dengan perkataan lain, tidak lagi ditarik anak contoh, maka anak contoh itu disebut cuplikan.

Alternatif Lehmann (Lehmann Alternatives)

Kelas hipotesis alternatif nonparametrik yang digunakan oleh Lehmann (1953) dalam pengembangan fungsi kuasa uji urutan pangkat.

Alokurtik (Allokurtic)

Lihat kurtosis.

Alokasi Optimum (Optimum Allocation)

(1) Alokasi ukuran contoh pada berbagai lapisan untuk memperoleh ketepatan pendugaan yang setinggi-tingginya dengan syarat tertentu; mi­salnya, biaya yang terbatas. (2) Alokasi banyaknya anggota contoh yang akan ditarik dari setiap lapisan yang menghasilkan ragam terkecil bagi nilai tengah contoh untuk ciri (perubah) tertentu, kalau ukuran contoh telah tertentu. Alokasi optimum dalam arti yang kedua ini bagi penduga takbias mengharuskan ukuran contoh dari suatu lapisan yang sebanding dengan simpangan baku lapisan itu.

Alokasi Contoh (Allocation, Of A Sample)

Pembagian jatah ukuran penarikan contoh dari setiap bagian populasi. Misalnya, dalam penarikan contoh acak berlapis dapat direncanakan

ukuran penarikan contoh dari setiap lapisan yang sebanding dengan ukuran lapisan itu.

Alias (Alias)

Istilah ini digunakan dalam dua cabang analisis statistika. Dalam peran­cangan percobaan, jika rancangan faktorial diulang sebagian (tak leng­kap), beberapa pengaruh perlakuan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dalam hal ini, dapatlah dikatakan bahwa pengaruh itu merupakan alias daripada yang lain.

Dalam analisis spektrum Beret waktu, konsep yang serupa muncul kare­na panjang selang pengamatan tidak memungkinkan pemisahan bebe­rapa frekuensi sudut.

Simulator (Simulator)

Sistem peralatan yang dibuat berdasarkan analogi dengan model yang ditelaah, misalnya, jaring-jaring yang unsur-unsurnya setara dengan un­sur-unsur yang ada dalam model ekonomi. Perubah yang ada dalam model diibaratkan sebagai perubah fisika, seperti voltase dan kuat arus sehingga telaahan terhadap model dapat dilakukan dengan menelaah pe­rubah-perubah pada alat simulasi.

Algoritme (Algorithm)

Hubungan eksplisit yang memungkinkan penghitungan suatu besaran se­cara iteratif dan konvergen suatu nilai yang sebenarnya. Misalnya: jika xn merupakan nilai dugaan bagi -\/2, make algoritme

Xn+I = '/2(xn +2/xn)

akan memperbaiki nilai dugaan itu. Istilah ini berasal dari nama seorang matematikawan Arab, Alkhuwairizmi. Istilah ini mengalami perubahan arti dalam beberapa tahun terakhir. Dahulu berarti hampir sama dengan rumus atau formula.

Aksi Taktergantung (Independent Action)

Misalkan dosis-dosis x, dan x2 dari dua perangsang mempunyai nilai harapan laju respons kuantal p, (xj) dan P2 (X2). Kedua perangsang itu dikatakan mengakibatkan aksi tak tergantung jika untuk semua Y-1 dan X2 nilai harapan laju respons terhadap pemakaian secara bersama-sama kedua dosis tadi adalah :

P = PI + P2 — PIP2

= I — (I — p 1) (1 — P2)

Ini dapat diteruskan untuk tiga perangsang atau lebih.

Aksioma Kolmogorov (Kolmogorov's Axioms)

Sekumpulan aksioma yang dibuat oleh Kolmogorov (1933) sebagai da­sar teori peluang yang diucapkan dalam bentuk teori gugus dan teori ukuran. Aksioma-aksioma ini merupakan titik awal kebanyakan kete­rangan matematika tentang teori peluang mutakhir.

Akar (Vektor) Laten Latent Root (Vector)

Lihat akar ciri

Akar Kuadrat Tengah Simpangan (Root Mean Square Deviation)

Akar kuadrat momen kedua sekumpulan pengamatan yang diambil di sekitar titik sembarang. Nilai minimum akar kuadrat tengah simpangan tercapai jika titik itu berimpit dengan nilai-tengah aritmetik dan ini di­sebut simpangan baku. (Lihat juga ragam).

Akar Ciri (Characteristic Root)

Akar ciri matriks segi A ialah nilai yang membuat A -All = 0, sedangkan I adalah matriks identitas. Bagi matriks pxp pada umumnya ada p buah akar ciri. Istilah lainnya adalah akar laten.

Vektor baris atau vektor lajur v yang membuat

A = atau Av = v

disebut vektor ciri

Akar Kuadrat Tengah Salat (Root Mean Square Error)

Lihat akar kuadrat tengah simpangan.

Agregat Membaharui Sendiri (Self-Renewing Aggregate)

Lihat teori pembaharuan.

Agregasi (Aggregation)

Penggabungan data primer menjadi satu, biasanya dengan maksud pe­nyederhanaan. Misalnya, pendapatan nasional dan bilangan indeks harga merupakan agregasi, tetapi tidak demikian halnya dengan pendapatan seseorang atau harga suatu barang.

Blog Archive