Sunday, June 26, 2011

WOW, Ilmuwan Berhasil Merekam Suara Matahari Yang Menakutkan

http://pendhowo.com/wp-content/uploads/2010/03/Badai-Matahari1.jpg


Dengan teknologi canggih profesor ini berhasil mendengarkan rekaman harmoni musik Matahari.
Astronom University of Sheffield berhasil untuk pertama kalinya membuat rekaman harmoni musik menakutkan, yang dihasilkan ladang magnetis atmosfer luar matahari. Mereka menemukan putaran magnetik besar melingkar dan menjauh dari lapisan luar atmosfer matahari, dikenal sebagai coronal loops di mana bergetar seperti senar dalam alat musik.

Menggunakan satelit untuk menampilkan putaran yang berkisar sepanjang 60 ribu mil, para peneliti mampu mengkreasikan suara dengan memutar getaran yang ke dalam bentuk suara, dan mempercepat frekuensi agar dapat didengar telinga manusia. Professor Robertus von Fáy-Siebenbürgen, kepala dari kelompok peneliti fisika matahari di University of Sheffield mengatakan, “Ini keindahan dan menakjubkan bisa mendengar suara pertama kali dari sumber kekuatan yang besar.”. saat matahari melakukan aktivitas dan produksi nyala api meningkat, maka badai luar angkasa dapat memberi efek penghancuran bagi bumi terutama perangkat elektronik, pemanasan sumber kekuatan dan kerja satelit.

Professor Fáy-Siebenbürgen mengatakan bahwa studi musik matahari dapat memungkinkan mereka menemukan cara baru untuk memahami dan mempredeksi nyala api sebelum itu terjadi.
Getaran di putaran koronal dari sisi ke sisi ini terjadi karena mereka dipetik mirip senar gitar dengan gelombang besar akibat ledakan di permukaan matahari.

Ilmuwan juga menemukan bahwa geraran putaran berlaku bolak balik dengan cara meniru gelombang akustik dari instrumen angin. Penelitian professor Fáy-Siebenbürgen itu dirilis di University of Sheffield dalam rancangan Project Sunshine yang bertujuan mencari cara baru memahami dan memanfaatkan kekuatan matahari.


sumber: http://blogneforfree.blogspot.com/2010/06/wow-ilmuan-berhasil-merekam-suara.html

Mantap, Garuda Indonesia Tambah 20 Pesawat Baru !

PT Garuda Indonesia (Persero) telah bernegosiasi dengan Bank Ekspor Impor (Exim) Amerika Serikat (AS) untuk mendapatkan dana pinjaman senilai USD2 miliar atau sekitar Rp18 triliun.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Emirsyah Satar mengatakan, dana pinjaman tersebut rencananya akan digunakan untuk pengadaan 20 unit pesawat baru.“Saya sudah bertemu dengan Chairman Exim bank-nya dan dijelaskan kami telah bekerja sama dengan Boeing. Rencananya Garuda akan mengajukan pinjaman USD1,5–2 miliar,” kata dia seusai penandatanganan kerja sama dengan PT Bank Mandiri Tbk di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, 20 unit pesawat tersebut terdiri dari 10 unit pesawat Boeing 777 serta 10 unit pesawat Boeing 737-800 NG.Menurut dia,sebenarnya tahun ini Garuda menambah 25 unit pesawat Boeing 737-800 NG, dan 15 pesawat sudah selesai masalah pembiayaannya.“ Dana pinjaman untuk pengadaan pesawat, tapi tidak seluruhnya kita ekspektasikan karena sebagian besar sudah diambil oleh lessor,”ujarnya.

Emirsyah menjelaskan, kontrak pembelian pesawat antara Boeing dan Garuda dilakukan melalui dua cara, cara pertama yaitu pembelian langsung melalui bank Exim AS dan cara kedua melalui perusahaan leasing. “Kami akan konsentrasi terhadap keduanya, tapi saat ini lebih konsentrasi kepadaleasing,”tambahnya.

Terkait dengan penerbangan rute Amsterdam–Jakarta yang baru dibuka bulan ini,Emir mengungkapkan, load factor (tingkat isian) rute tersebut mencapai 70-80%. Perseroan akan mencatat titik impas (break event point/ BEP) dari rute tersebut antara tiga hingga enam bulan.“Untuk penerbangan Eropa, sejauh ini baik-baik saja, tingkat isian juga cukup baik,”lanjut Emir.

Sementara itu, Bank Mandiri dan Garuda Indonesia bersinergi untuk memperkuat pengembangan bisnis antarkedua perusahaan. Setidaknya terdapat delapan perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Wakil Dirut Bank Mandiri Riswinandi dan Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Emirsyah Satar.

“Kami berharap dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama ini akan muncul lebih banyak lagi inisiatif-inisiatif bisnis untuk mengoptimalkan pengembangan usaha,” ujar Wakil Dirut Bank Mandiri Riswinandi. Kerja sama meliputi Mandiri Cash Management, Corporate Card, pemasangan dan penggu naan mesin EDC (Electronic Data Capture) Bank Mandiri di seluruh cabang Garuda.

Berikutnya, bookingdan pembayaran tiket Garuda online, pembayaran online kartu debit Mandiri, diskon pembelian tiket dan paket perjalanan Garuda serta penukaran point rewardkartu kredit Mandiri dengan mileage pointdari Garuda Frequent Flyer.


sumber : http://jekethek.blogspot.com/2010/06/mantap-garuda-indonesia-tambah-20.html

Spesifikasi dan Harga Nokia C3

Nokia C3 : Spesifikasi dan Harga Nokia C3. Nokia C3 merupakan produk terbaru Nokia yang akan meramaikan pasar Handphone di Indonesia. Ponsel Nokia C3 ini berdimensi 115,5 x 58,1 x 13,6 dengan berat (dengan baterai) 114 gram. Nokia C3 juga dilengkapi dengan jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE, Full QWERTY keyboard, WiFi dan Bluetooth. Harga Nokia C3 diperkirakan sekitar 90 Euro atau sekitar Rp 1,1 Jutaan dan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti Slate Grey, Golden White dan Hot Pink. Yuk disimak Spesifikasi Nokia C3.

Foto Nokia C3,Gambar Nokia C3,Nokia C3 : Spesifikasi dan Harga Nokia C3
Spesifikasi Nokia C3 :

  • Dimensi : 115,5 x 58,1 x 13,6
  • Berat (dengan baterai) : 114 g
  • Volume : 63,2 cc
  • Ukuran : 2,4″
  • Resolusi: 320 x 240 piksel (TFT)
  • QVGA lanskap
  • Keyboard QWERTY
  • Tombol khusus olahpesan dan kontak
  • Layar awal yang dapat disesuaikan: widget – tema – pintasan
  • Nada dering: AAC, eAAC+, MP3, WMA, MIDI
  • Nada dering video
  • Tema : wallpapers, nada dering, tema pra-instal
  • GPRS kelas A, multislot kelas 32, kecepatan maksimal 85,6/64,2 kbps (DL/UL)
  • EGPRS kelas A, multislot kelas 32, kecepatan maksimal 236,8/118,4 kbps (DL/UL)
  • WLAN IEEE 802.11b/g, kecepatan maksimal hingga 11 Mbps/54 Mbps
  • Dukungan TCP/IP
  • Dapat dijadikan modem data
  • Konektor Pengisi Daya 2,0 mm
  • Bluetooth versi 2.1 dengan Kecepatan Data yang Ditingkatkan
  • Mendukung sinkronisasi lokal
  • USB 2.0 berkecepatan tinggi (konektor micro USB)
  • Konektor AV 3,5 mm
  • Slot kartu memori microSD yang dapat ditukar selagi dipakai, hingga 8 GB
  • Memori internal: 55 MB
  • Baterai Li-Ion BL-5J 1.320 mAh
  • Waktu bicara (maksimal): hingga 8 jam
  • Waktu siaga (maksimal): hingga 500 jam
  • Waktu playback musik (modus offline, maksimal): 30 jam
  • Akses mudah ke akun email Anda, termasuk Yahoo!® Mail, Gmail™, Windows Live™, Hotmail™ dan layanan POP/IMAP populer lainnya
  • Pembuatan akun email Ovi Mail gratis yang mudah, langsung dari ponsel
  • Olahpesan cepat melalui Windows Live Messenger™, Yahoo!® Messenger, Google Talk™ dan Ovi Chat
  • SMS Percakapan untuk pesan teks bergaya chat, SMS, MMS
  • Olahpesan audio Nokia Xpress
  • Kamera 2 megapiksel (1.600 x 1.200 piksel), Kamera Video 2 megapiksel
  • Panjang klip video: sepanjang kapasitas kartu memori
  • Rekaman video dalam MPEG-4, QCIF, resolusi maks. 320 x 240
  • Format file video: H.263, H.264, AVI, MPEG-4 (disimpan sebagai file .mpg atau .3gp), WMV
  • Nokia Music Player
  • Kodek musik : .MP3, WMA, AAC, eAAC, eAAC+
  • Colokan headphone stereo 3,5 mm
  • Nada dering : mp3, aac, polifonik 64-nada
  • Radio FM stereo (87,5-108 MHz/76-90 MHz), RDS
  • Paket penjualan : Nokia C3, Nokia Battery BL-5J, Nokia Compact Charger AC-3, Nokia Stereo Headset WH-102, Panduan pengguna

Ato pingin juga liat Spesifikasi Nokia X2, Spesifikasi Nokia X6, Spesifikasi Nokia C6, Harga Nokia bulan Juni


sumber : http://www.dedisnaini.com/2010/06/nokia-c3-spesifikasi-dan-harga-nokia-c3.html

Sensus di Papua Menemukan Warga Berusia 130 Tahun Sebanyak 22 Orang

VIVAnews - Sebanyak 22 penduduk dengan usia 124 tahun hingga 130 tahun didapati di Provinsi Papua. Informasi ini didapat saat berlangsung sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik Provinsi Papua.


Mereka ditemukan di empat kabupaten, yakni Merauke (8 orang), Nabire (10 orang), Yapen (2 orang), dan Keerom (2 orang).

“Penduduk yang usianya 130 tahun ditemukan di Merauke. Sedangkan yang berusia 124 tahun ditemukan di Kabupaten Keerom,” kata Kepala Bidang Sosial BPS Papua, Suntono, Selasa 22 Juni 2010.

Saat ini, BPS Provinsi Papua sedang menelusuri lebih jauh untuk memastikan apakah usia mereka memang seperti yang dilaporkan petugas di lapangan.

Banyak diberitakan sebelumnya, petugas sensus mendapati sejumlah orang yang berusia sangat tua, di atas 100 tahun di berbagai wilayah Indonesia. Hanya saja, informasi tersebut baru didapat berdasarkan pengakuan yang bersangkutan yang biasanya dibuat berdasarkan ingatan belaka. Valid tidaknya informasi itu belum dapat dipastikan.

“Kami masih terus melakukan cross check apakah sudah ada generasi kelima dari penduduk yang katanya berusia ratusan tahun itu,’’ kata Suntono. Menurutnya, jika mereka terbukti sudah memiliki generasi kelima, maka boleh jadi mereka memang setua itu. (Laporan: Banjir Ambarita, Papua | kd)


sumber : vivanews.com

Teknologi Pesawat terbang supaya Tidak Tersambar Petir

Pesawat terbang sangat mungkin untuk disambar petir. Tetapi pesawat terbang dilengkapi dengan sistim static discharge pada badannya, sehingga kemungkinan disambar petir sangatlah kecil dan memang ada pesawat yang disambar petir, hanya saja jarang sekali terjadi dan akibat yang ditimbulkan tidak besar, apalagi dengan pesawat-pesawat modern jaman sekarang.

http://denipratama.files.wordpress.com/2009/03/pesawat.jpg

Penjelasannya adalah begini:

Petir terjadi karena adanya perbedaan muatan listrik di udara, loncatan muatan listrik yang berbeda bisa terjadi diantara awan diudara atau dari awan ke tanah. Awan atau benda yang bergerak di udara, karena pergesekan dengan udara, maka akan timbul muatan listirk statis dibenda itu.


Demikian juga pesawat terbang pada saat bergerak diudara pada badannya akan terbentuk listrik static, hanya saja dengan sistim static discharge yang terpasang di pesawat, maka muatan listrik yang timbul di pesawat akan segera dibuang ke udara, sehingga kemungkinan ada loncatan listirk / petir dari awan ke badan pesawat diperkecil kemungkinan terjadinya.

Jika sistim itu tidak bekerja, bisa saja pesawat tersambar petir dan akibatnya adalah mulai dari terganggunya peralatan komunikasi dan navigasi dipesawat sampai terbakar diudara (namun kejadian ini sangat jarang terjadi).

Tapi tidak perlu kuatir, karena sistim static discharge di pesawat sangat jarang sekali rusak dan perawatannya sangat sederhana, karena bentuknya hanya berupa kawat atau lempengan plastik berisi logam seperti buntut tikus yang ditempatkan di ujung-ujung sayap atau ekor pesawat dan jumlahnya sampai 12 atau 16 buah.

Ketika petir menyambar pesawat itu, muatan listrik mengalir sepanjang alumunium menuju permukaan yang lebih lancip yaitu di ujung-ujung sayap maupun ekor.






Di ujung yang lebih lancip itu, muatan listrik akan terlucut berupa percikan api. Dengan begitu muatan listrik tidak akan masuk ke dalam pesawat. Jadi, orang yang berada di dalam pesawat akan aman dari sambaran petir.
Pada bangunan kasusnya berbeda. Bangunan tidak tertutup konduktor. Oleh karena itu, ketika petir menyambar, bangunan dapat terbakar. Untuk mengatasi hal ini diperlukan penangkal petir berupa konduktor listrik lancip yang dihubungkan dengan tanah. Ketika petir menyambar, muatan listrik petir akan mengalir melalui konduktor lancip ini menuju ke Bumi. Bangunan pun aman dari serangan petir.


sumber : http://www.sayakasihtahu.com/2010/06/teknologi-pesawat-terbang-supaya-tidak.html

Blog Archive