Hari ini banyak blog yang memuat laporan tentang acara pesta blogger 2007 yang diadakan Sabtu kemarin. Pesta blogger kemarin merupakan salah satu bukti bahwa blog berkembang dengan pesat di tanah air. Di Jepang yang saya tahu, sampai Juni 2006 populasi blogger ada sekitar 8 juta 6 ratus ribu orang. Tahun ini mungkin sudah bertambah dua kali lipatnya. Mumpung isu tentang pesta blogger masih hangat, saya gunakan kesempatan ini untuk menulis tentang bisnis analisa blog yang satu tahun terakhir berkembang pesat di Jepang.
Blog bukan hanya bertambah dari segi jumlah, tapi juga fungsinya. Pada awalnya blog hanya berfungsi tidak lebih sebagai catatan pribadi atau diary. Tapi sekarang blog mempunyai fungsi lain seperti sumber informasi, media untuk mengungkapkan opini, sampai alat untuk berbisnis. Perkembangan blog juga telah memberikan perubahan yang penting terhadap hubungan produsen dengan konsumen. Selama ini konsumen hanyalah penerima pasif informasi-informasi yang dikirim oleh produsen. Informasi tentang produk atau servis mengalir satu arah dari produsen kepada konsumen. Tetapi setelah tumbuhnya blog, konsumen mempunyai kebebasan untuk mengungkapkan perasaan dan persepsinya tentang suatu produk. Dengan kata lain, blog telah menyediakan media bagi konsumen untuk mengirim pesan kepada produsen. Misalnya konsumen bisa mengungkapkan ketidakpuasaannya terhadap suatu produk melalui blog.
Salah satu karakter unik blog adalah si penulis bebas menulis apa saja tanpa mendapat kontrol dari pihak manapun (kecuali kalau isinya bertentangan dgn hukum). Produsen manapun tidak bisa mencegah konsumen yang menulis tentang kekurangan atau keburukan tentang produk mereka. Apabila konsumen yang menulis berita negatif tentang suatu produk adalah blogger yang mempunyai pengaruh, kemungkinan besar bisa berakibat buruk terhadap image produk atau brand yang bersangkutan. Dalam kasus seperti ini, blog bisa dianggap sebagai ancaman bagi produsen.
Di lain pihak, blog bisa dianggap sebagai sumber informasi yang bisa berguna bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi marketing. Dari jutaan blog yang ada di dunia maya, bukan tidak mungkin terdapat informasi tentang mengapa seseorang membeli suatu produk, kapan, di mana dan dalam konteks apa mereka membeli produk tsb. Apabila perusahaan bisa menggali informasi-informasi yang berguna seperti ini, ada harapan strategi marketing bisa dijalankan dengan lebih effektif. Dari sinilah lahir perusahaan-perusahaan riset yang menawarkan jasa analisa blog. Di Jepang, Dentsu, Technorati Japan, Nifty adalah contoh tiga perusahaan yang menawarkan jasa seperti ini.
Lalu apa yang dimaksud dengan analisa blog?. Analisa blog adalah suatu cara untuk menggali informasi tentang suatu kata kunci yang muncul di berbagai blog. Misalnya berapa banyak suatu kata kunci muncul dalam jangka waktu tertentu, kata-kata apa saja yang sering muncul bersamaan dengan kata kunci yang dimaksud. Untuk menganalisa blog, biasanya digunakan salah satu teknik dari data mining yang disebut text mining. Dengan menggunakan cara ini, misalnya kita masukan kata kunci “Indomie”, maka akan tampil grafik jumlah kemunculan kata ini di seluruh blog secara time series dan kata-kata lain yang sering muncul bersamaan dengan kata Indomie seperti ”enak”, “lemak”, “kesehatan”, dll.
Pada awalnya, perusahaan yang banyak menggunakan jasa analisa blog adalah perusahaan agen iklan. Mereka menggunakan jasa ini untuk mengetahui effektivitas sebuah iklan. Misalnya apakah pesan tentang image suatu brand bisa sampai kepada konsumen seperti yang diharapkan. Dengan mengetahui informasi seperti ini, perusahaan bisa merubah cara penyampaian iklan apabila pesan yang disampaikan dirasa kurang effektif. Februari ini, Otsuka Pahrmaceutical Group(OPG) mengeluarkan produk makanan suplemen SOYJOY yang dibuat dari kacang kedelai. Dalam memasarkan produk ini, OPG membuat iklan yang menonjolkan pentingnya kacang kedelai bagi kesehatan. Beberapa bulan setelah beredarnya iklan ini, hasil dari analisa blog memperlihatkan bahwa kata “kacang kedelai” hanya menduduki peringkat kedelapan dari semua kata yang muncul bersamaan dengan kata kuci “SOYJOY”. Ini membuktikan bahwa dalam persepsi konsumen, hubungan antara SOYJOY dengan kacang kedelai kurang begitu kuat. OPG kemudian mengganti pesan iklannya dengan pesan yang lebih simpel dan menonjolkan bahan kacang kedelai. Setelah perubahan iklan ini, posisi kata ”kacang kedelai” naik ke peringkat teratas menyisihkan kata-kata lainnya.
Seperti disebutkan diatas, analisa blog menyimpan banyak potensi yang berguna untuk mendukung pengambilan keputusan marketing. Namun demikian, masih banyak kendala dalam penggunaannya. Sebagian praktisi berpendapat bahwa analisa blog kurang cocok digunakan untuk mengembangkan produk baru. Biasanya blogger hanya berkomentar terhadap produk-produk yang sudah beredar di pasaran. Jarang sekali mereka memberikan ide tentang produk baru. Kendala lain adalah sulitnya menggali informasi-informasi yang berguna dari hasil analisa blog. Walaupun analisa blog menyediakan data-data kuantitatif, memberi arti terhadap angka-angka tersebut membutuhkan keahlian tertentu. Secara teknis, metode analisa blog masih perlu banyak perbaikan untuk bisa membaca secara akurat maksud dari tulisan-tulisan yang ada di blog. Ini adalah PR untuk para ahli di bidang data mining.
http://donydw.wordpress.com/