Fase tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun ( Markum, 1994)
A. Tahap perkembangan anak usia 12 sampai 18 bulan
Selama masa tahun ke-2 kehidupan masih tampak perlambatan fisis seperti kenaikan BB berkisar antara 1,5-2,5 kg atau 3x berat badan lahir. Panjang badan bertambah 6 -10cm/ tahun atau ½ kali panjang badan lahir. Demikian pula halnya dengan pertumbuhan otak yang akan mengalami perlambatan selama tahun ke-2 kehidupan. Penambahan lingkar kepala pada tahun pertama sebanyak 12 cm, pada tahun ke-2 hanya 2 cm. Selama tahun ke-2 timbul sebanyak 8 gigi susu, termasuk gigi geraham dan gigi taring, sehingga seluruhnya ada 14-16 buah gigi susu.
Perkembangan mental yang terjadi pada anak usia 12-18 bulan menurut Skala Yaumil Mimi dalam Markum (1994) adalah :
Dapat berdiri sendiri tanpa bantuan
Dapat berjalan dengan dituntun
Menirukan suara
Mengulang bunyi yang didengarnya
Belajar menyatakan satu- dua kata
Mengerti perintah sederhana atau larangan
Ingin melihat semuanya,ingin menyentuh semuanya , memasukkan benda-benda kemulutnya
Berpartisipasi dalam permainan
B. Tahap perkembangan anak usia 18 sampai 24 bulan
Perkembangan fisisnya cenderung menetap, dapat diukur dengan rumus 5 (panjang bahadan lahir) + 80 untuk pengukuran panjang badan. Dan 2 ( berat badan lahir) + 8, untuk pengukuran berat badan. Lingkar kepal bisanya 47-50cm. Perkembangan mental anak usia 18-24 bulan menurut Skala Yaumil Mimi dalam Markum (2004) adalah :
Naik turun tangga
Menyusun 6 kotak
Menunjuk mata dan hidungnya.
Menyusun dua kata.
Belajar makan sendiri.
Menggambar garis di kertas atau pasir.
Mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil.
Menaruh minat pada apa yang dikerjakan oleh orang- orang yang lebih besar.
Memperlihatkan minat kepada anak lain dan ikut bermain bersama mereka.
C. Tahap perkembangan anak usia 2 sampai 3 tahun
Pada tahap ini anak biasanya memiliki 20 gigi susu. Lingkar kepala sudah lebih dari 50 cm..Perkembangan mental anak usia 2- 3 tahun menurut Skala Yaumil mimi dalam Markum (1994) adalah :
Belajar melompat dengan satu kaki, meloncat, dan memanjat.
Membuat jembatan dengan 3 kotak.
Mampu menyusun kalimat.
Mempergunakan kata- kata saya, bertanya, mengerti kata- kata yang ditunjuk kepadanya
.Menggambar lingkaran Bermain dengan anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya.