Sunday, May 22, 2011

Sains dan Eksperimen Seks di Ruang Angkasa

Sains dan Eksperimen Seks di Ruang Angkasa

INSTITUTE OF Biomedical Problems (IBMP), sebuah lembaga riset terkemuka Rusia di bidang kedokteran ruang dan biologi, telah terlibat selama puluhan tahun dalam sebuah studi yang berkaitan dengan seks makluk hidup di ruang angkasa.

Kepentingan Institut dalam fungsi seksual selama di luar angkasa itu dimulai pada awal 1960-an, ketika mereka melihat perbedaan perilaku antara dua anjing yang telah terbang di angkasa, Veterok dan Ugolyok.

Veterok kehilangan rambut dan energinya setelah melakukan penerbangan dan akhirnya meninggal. Ugolyok, di sisi lain, mengalami peningkatan aktivitas secara keseluruhan, khususnya hubungan seksual, dan dia memiliki pertahanan libido yang cukup sehat selama masa hidupnya yang lebih lama dari rata-rata. IBMP memamerkannya di museum sebagai bentuk penghargaan kepada anjing anjing legendaris tersebut.

Studi Institutes tersebut mengkaji mengenai masalah seks ruang angkasa, namun, bukan pada perilaku, tetapi pada aspek prokreasi psikologis seks.

“Kami mengkaji dampak bobot pada fungsi reproduksi tubuh laki-laki dan perempuan dengan menggunakan mamalia sebagai subjek percobaan, khususnya tikus,” kata Lyubov Serova dari IBMP, spesialis terkemuka di bidang prokreasi luar angkasa.

Hasil yang didapat ternyata para ilmuwan Rusia memilih pendekatan tersebut untuk sejumlah alasan.

Pertama, mereka tidak percaya bahwa astronot benar-benar membutuhkan bantuan psiko-emosional seperti seks selama perjalanan di luar angkasa yang cukup lama.

“Ini adalah masalah yang sangat rumit,” kata Serova. “Itu semua tergantung pada motivasi dominan pribadi seseorang. Sebuah sistem saraf pusat manusia selalu ditujukan pada pencapaian tujuan utama tertentu. Ada beberapa orang yang menganggap seks cukup penting. Namun, orang-orang yang profesional sangat termotivasi dan berorientasi pada tujuan tidak mementingkan seks sebagai pelepasan emosi. Ini memang membutuhkan banyak motivasi dan tekad untuk menjadi seorang astronot.”

Kedua, dokter Rusia tidak percaya bahwa seksual pantang untuk jangka panjang yang mungkin akan terjadi selama misi panjang. Ini akan berdampak pada tubuh dan pikiran negatif manusia.

Menurut Dr Serova, masalah ini telah dibesar-besarkan. “Saya yakin bahwa semuanya tergantung pada status psikologis pribadi. Kita bisa mengontrol fungsi hormon kita dengan sistem saraf pusat kita. Saya sangat yakin bahwa luar angkasa jangka panjang tidak berdampak negatif terhadap fungsi seksual manusia jika seseorang percaya bahwa tidak ada dampak seperti itu. Jika orang – seorang pria atau wanita – tidak memiliki masalah seksual sebelum terbang, ia tidak akan pernah mendapatkannya setelah mendarat. ”

Tapi bagaimana eksperimen dengan seksualitas manusia di ruang angkasa? Apakah ada kebutuhan untuk melakukan mereka dan, jika ya, dalam kondisi apa?

“Ini sudah cukup untuk memiliki pasangan menikah di penerbangan, atau pacar dan pacar, untuk melakukan percobaan tersebut,” kata Dr Valery Polyakov, IBMP Deputi Direktur dan kosmonot Rusia, dalam sebuah wawancara eksklusif dengan SPACE.com.

Dr Polyakov yang telah melakukan perjalanan panjang 438-hari di 1994-1995 di luar angkasa mengatakan,”Saya percaya bahwa salah satu kendala terbesar dalam cara melakukan eksperimen seks di luar angkasa pada manusia adalah konsepsi. Kami masih belum tahu persis seperti apa kondisi impactspaceflight – seperti bobot atau radiasi – yang nantinya akan menjadi struktur genetik embrio. Sampai kami tahu ini, kita tidak punya hak moral untuk bereksperimen dengan kehidupan masa depan anak yang mungkin dikandung dalam ruang angkasa. ”

Astronot Rusia Sergev Krikalev, yang menghabiskan 312 hari dalam ruang selama misi kedua di 1991-1992, setuju.

“Ini akan sangat tidak etis untuk melakukan jenis percobaan pada orang, terutama di lapangan seperti sensitif dan kelembutan aktivitas manusia,” kata Krikalev seperti yang dikutip dalam wawancara eksklusif SPACE.com. “Tak seorang pun pernah meminta saya untuk melakukan hal seperti ini.”

Terlepas mengenai aspek etis, Dr Serova percaya bahwa “Masuk akal untuk bereksperimen dengan seorang pria dan seorang wanita bercinta dalam ruang jika tujuannya hanya untuk percobaan ilmiah. Namun, jika percobaan tersebut hanya tentang pengujian posisi seksual yang berbeda, itu tidak ada hubungannya dengan sains. Setelah periode adaptasi untuk bobot, orang tidak akan membutuhkan perangkat khusus, seperti ikat pinggang elastis atau tabung karet untuk berhubungan seks di luar angkasa.”

Sementara itu, Dr Polyakov mengatakan, “Kehidupan seksual yang normal sangat diperlukan dalam penerbangan ruang angkasa jangka panjang. Namun, ia tidak menawarkan alternatif yang memungkinkan untuk itu, tapi kesabaran.”

“Kepuasan seksual seharusnya tidak menjadi alasan dini dari setiap gangguan luar angkasa. Beberapa orang bertanya tentang cara yang berbeda untuk mengimbangi niat seksual dalam ruang angkasa, terutama tentang menggunakan boneka (mainan seks) yang dapat Anda beli di toko seks, “kata Dr Polyakov heran.

“Saya sangat menentang solusi tersebut. Seorang pria yang menggunakan hal tersebut dapat mengembangkan apa yang disebut sindrom boneka, atau dengan kata lain untuk memulai memilih ‘mainan seks’ ke istrinya sendiri atau pacar bahkan setelah ia mendapatkan kesempatan untuk kembali ke normal kehidupan seksual. Orang-orang memiliki pengalaman yang menyedihkan menggunakan hal-hal seperti selama tinggal lama di Antartika atau perjalanan laut. Mengapa? Karena seorang pria bisa membuat seperti boneka pirang atau cokelat, dengan mata biru atau hitam, dan memberikannya apapun bentuk yang ia inginkan. ”

Dr Polyakov ditertawakan setiap berbicara tentang NASA yang kemungkinan telah melakukan eksperimen seks di luar angkasa. “Ketika desas-desus tentang NASA diduga melakukan hal ini kadang-kadang muncul, kami tidak pernah percaya mereka,” kata Dr Polyakov.

“Kami memiliki kontak yang sangat dekat dan intensif dengan rekan-rekan Amerika. Kita tidak tahu tentang kegiatan tersebut pada sisi mereka. Bahkan jika kita tidak terlibat dalam kegiatan ilmiah bersama, kami masih saling bertukar informasi. Ini sebabnya saya benar-benar yakin bahwa tidak ada yang seperti ini tidak pernah terjadi di papan [pesawat ulang alik] Begitu juga kita, Rusia, pernah melakukan eksperimen seks di penerbangan. Tentu saja, kita tidak dapat mengabaikan masalah ini tetapi kami memiliki pendekatan utilitarian itu: kita mungkin perlu hewan untuk berkembang biak dalam ruang angkasa sebagai bentuk esperimen. Kami tidak pernah belajar seks sebagai cara untuk mendapatkan kesenangan, tetapi hanya dari sudut pandang prokreasi. ”

“Kami telah melakukan banyak eksperimen dengan sampel tikus di ruang angkasa. Perlu diketahui bahwa bagi orang-orang itu akan jauh lebih mudah daripada hewan yang melakukan hubungan seks di luar angkasa. Kami memahami apa yang terjadi, dan banyak hewan yang stress.”

“Kau tahu, kadang-kadang ketika aku melihat majalah untuk orang-orang dewasa, saya benar-benar heran dengan kreatifitas seksual manusia dalam hal posisi dan cara-cara berhubungan seks,” kata Dr. Serova.

“Saya pikir ini semua propaganda komersial yang membuat orang-orang yang melebih-lebihkan pentingnya seks dalam kehidupan mereka,” kata Dr Serova. “Orang-orang tidak harus berpikir tentang hal ini. Mereka harus dipimpin oleh cinta, yang akan membuat segala sesuatu terjadi dalam cara yang sangat alami. Jika seseorang tertarik dengan yang lain, tidak akan menghentikan mereka melakukan hubungan seksual yang harmonis dan sehat, tanpa memperhatikan tempat mereka – di bumi, atau di ruang angkasa. ”


SOURCE

Inilah Sensasi 3D Saat Nonton Bola dari Tengah Lapangan

Mau menyaksikan sepakbola dengan cara yang benar-benar beda? Menonton Piala Dunia di bioskop yang dilengkapi efek tiga dimensi (3D) akan membuat Anda merasa berada di tengah lapangan.

Untuk kali pertama sepanjang sejarah Piala Dunia, beberapa pertandingan di Afsel 2010 ini bisa disaksikan dalam wujud 3D. Bisa ditebak, efek dan suasana yang dirasakan penonton menjadi luar biasa.

Saya merasakan sendiri sensasi tersebut saat menyaksikan kedigdayaan Jerman atas Argentina di babak delapan besar. Tampilan dan kualitas gambar yang memang luar biasa dan membuat banyak penonton yang datang terperangah dibuatnya.

Di Jakarta saya sudah menyaksikan beberapa film layar lebar yang juga berformat 3D. Tapi menyaksikan pertandingan langsung Piala Dunia juga dengan format 3D di bioskop adalah pengalaman yang sepenuhnya berbeda.

Untuk siaran pertandingan 3D ini digunakan kamera yang diletakkan pada posisi yang berbeda dengan siaran di televisi pada umumnya. Sepertinya kamera-kamera khusus tersebut diletakkan di atas rumput tepat di pinggir lapangan, juga pada beberapa tempat di tribun penonton.

Hal tersebut membuat gambar-gambar yang diambil menjadi lebih close-up. Inilah yang kemudian membuat penonton seperti berada di tengah lapangan.

Gambar yang terlihat sangat hidup, dengan bantuan kacamata khusus, membuat Lionel Messi dkk atau Phillip Lahm cs seperti benar-benar berada di depan mata kita. Apalagi semua tersaji di layar yang sangat lebar plus tata suara yang sangat memuaskan.

Saat Messi akan mengeksekusi tendangan bebas di babak pertama misalnya. Gambar yang tersaji membuat penonton seakan tepat berada di belakang pundak pemain terbaik dunia tahun lalu itu.

Kesan dramatis makin terasa karena Messi terlihat benar-benar kecil di depan barisan defender raksasa Jerman yang membuat pagar hidup. Sementara di latar belakang, terlihat gawang Jerman terbuka lebar dengan kiper Menuel Neuer berada di bawahnya.

Suasana di dalam studio bioskop juga masih kental berbau sepakbola, dengan banyak penonton berteriak “hhuuuu” jika sebuah peluang terbuang atau tepuk tangan saat gol terjadi.

Untuk menyaksikan babak perempatfinal tersebut saya harus membayar tiket sebesar 120 rand (sekitar Rp 140.000). Untuk laga di babak sebelumnya, tiket dijual dengan 100 rand. Sementara untuk final dihargai 200 rand.

Beberapa bioskop di Afrika Selatan yang bisa menayangkan film-film dalam format 3D umumnya juga menyediakan studionya sebagai tempat nonton bareng Piala Dunia tersebut. Termasuk yang saya datangi di Sternkinekor Classic, Brooklyn, Pretoria.

Meski tiketnya cukup mahal, peminat menonton laga Piala Dunia dalam format 3D sangat tinggi. Saya sendiri sempat kesulitan mencarinya, meski kemudian dapat tiket yang diinginkan.



SOURCE

BCL Stres Gara-gara Dengar Video Pornonya Beredar













Dikait-kaitkan dengan video porno yang beredar di Manado bersama Ariel Peterpan, Bunga Citra Lestari mengaku sedikit stress, apalagi dia sedang mengandung 7 bulan.

Mendengar dirinya video porno bersama Nazriel Irham, pelantun lagu Suny itu mengaku stres dan tidak menyangka akan ada pemberitaan itu, 'Stres aja, kecewa juga kenapa ada orang yang tega padahal aku kan lagi hamil' ujar artis yang karab disapa BCL itu di Jakarta, Minggu (4/7).

Bunga Citra Lestari yang biasa di panggil Unge enggan mengklarifikasi dan menelusuri siapa penyebab dirinya bisa di kabarkan buruk. Dia mengaku telah mengetahui isu itu sejak sebulan lalu.

'Karena enggak benar dan kita juga tidak mau nyari tau siapa orang yang iseng dengan berita ini. Aku tahu dari 3-4 minggu yang lalu tapi aku gak mau berbuat apa-apa karna video itu memang bukan aku,' katanya ketika ditemui di Balai Sarbini, Semanggi.

Menyoal kondisi kandungannya, BCL mengatakan meski sedikit stres namun kondisi janinnya tengah sehat dan kuat. 'Alhamdulillah gak pengaruh banget ke hamil aku, hanya stres sedikit' pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, video porno Ariel dan BCL dikabarkan beredar di Manado dalam bentuk VCD. Per keping VCD itu dijual Rp60 ribu.



SOURCE

Saturday, May 21, 2011

Peneliti Buat Mobil Khusus Orang Buta dengan Teknologi Sensor

Peneliti Buat Mobil Khusus Orang Buta dengan Teknologi Sensor
Federasi Nasional Tunanetra mempertunjukkan Addison Hugen (kanan) seorang siswa buta sedang mengendarai mobil di College Park. / Foto AP Federasi (Nasional Blind)

DAPATKAN ORANG buta mengemudikan mobil? Peneliti mencoba untuk membuat gagasan yang mengada-ada itu menjadi kenyataan.

Tahun depan, Federasi Nasional Tunanetra dan Virginia Tech berencana akan mendemonstrasikan prototipe kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi yang dapat membantu orang buta mengemudikan mobil sendiri.

Teknologi yang disebut “nonvisual interfaces” itu menggunakan sensor yang membantu pengemudi buta mengirimkan informasi kepadanya mengenai lingkungan di sekitarnya: apakah ada mobil atau objek lain dekatnya, di depannya, atau di jalur yang berlainan arah dengannya.

Kebanyakan orang buta menganggap mengendarai mobil sendiri apalagi dalam waktu yang lama dianggap tidak mungkin. Dengan teknologi canggih itu, para peneliti begitu berharap bahwa proyek ini dapat merevolusi mobilitas dan menantang asumsi-asumsi yang telah lama dipegang tentang keterbatasan.

Organisasi yang berbasis di Baltimore itu mengumumkan rencana demonstrasi kendaraan tersebut pada konferensi pers Jumat di Daytona Beach, Florida.

“Kami mengeksplorasi wilayah yang sebelumnya dianggap sebagai unexplorable,” kata Dr Marc Maurer, presiden Federasi Nasional Tunanetra seperti dilansir dari laman AP. “Kami bergerak jauh dari kapasitas manusia yang akhirnya teori ini akan memberikan kontribusi kepada masyarakat luas.”

“Beberapa orang mengira saya gila dan mereka berpikir, ‘Mengapa Anda ingin kami bakal mengumpulkan uang untuk sesuatu yang tidak dapat dilakukan’,” kata Dr. Maurer mengutip ucapan orang yang menghardiknya. “Sementara beberapa orang percaya. Dan lainnya berpikir itu ide yang luar biasa. ”

Inovasi kendaraan tersebut berakar pada tahun 2007, ketika Virginia Tech masuk ke dalam daftar DARPA Grand Challenge, sebuah kompetisi untuk penelitian kendaraan yang didanai oleh Departemen Pertahanan. Tim universitas menang di tempat ketiga yang menciptakan kendaraan mengemudi yang memiliki sensor dan dapat digunakan untuk melihat lalu lintas, menghindari menabrak mobil lain, serta benda-benda di sekitarnya seperti kendaraan lain.

Menyusul keberhasilan mereka, tim Virginia Tech menjawab tantangan dari Federasi Nasional Tunanetra untuk membantu membangun sebuah mobil yang dapat dikemudikan oleh orang buta. Virginia Tech pertama menciptakan dune buggy sebagai bagian dari studi kelayakan yang menggunakan sensor laser dan kamera yang bertindak sebagai mata kendaraan. Sebuah rompi bergetar digunakan untuk mengarahkan pengemudi untuk mempercepat, memperlambat dan membuat belokan.

Organisasi orang buta itu terkesan dengan hasil tersebut, kemudian mendesak para peneliti untuk terus melakukan penelitian.

Dr Dennis Hong, seorang profesor teknik mesin di Virginia Tech yang memimpin penelitian, mengatakan teknologi suatu hari nanti tidak hanya dapat membantu pengemudi buta mengoperasikan kendaraan, tetapi juga dapat digunakan pada kendaraan konvensional untuk membuat mereka lebih aman.

Hong juga mengatakan, mereka berharap untuk mengubah teknologi menjadi produk konsumen. Namun dia menambahkan, “Ini tidak akan menjadi suatu produk yang telah terbukti sampai 100 persen aman.”

Dengan adanya teknologi itu, para pendukung orang buta menyatakan akan diperlukan waktu sebelum masyarakat luas menerima potensi pengemudi buta dan diperlukan pembuktian mengenai teknologi itu dapat menjadi keselamatan. Tapi lebih dari apa pun, mereka mengatakan itu bagian dari misi yang lebih luas untuk mengubah cara orang merasakan kebutaan.

Mark Riccobono, direktur eksekutif Institut NFB’s Jernigan, mengatakan ketika ia berjalan menyusuri jalan dengan anaknya 3 tahun, banyak orang mungkin berpikir ia, sebagai orang buta, yang dipandu oleh anaknya. “Itu akan berubah ketika orang melihat bahwa kita bisa melakukan sesuatu yang mereka pikir itu mustahil,” kata Riccobono.


SOURCE

Microsoft Menarik Kin dari Penjualan

Microsoft Menarik Kin dari Penjualan


MICROSOFT TELAH mengkonfirmasi bahwa ia akan menghentikan produksi telepon selular Kin, yang dirancang untuk fitur-fitur jaringan sosial. Kerugian dalam penjualan sebagai alasan utama untuk keputusan tersebut.


Microsoft akan fokus pada sistem operasi terbarunya, Windows Phone 7, dan akan manarik Kin dari penjualan,


“Kami telah membuat keputusan untuk memfokuskan secara eksklusif pada Windows Phone 7 dan tidak jadi meluncurkan Kin di Eropa musim gugur ini seperti yang direncanakan,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataannya seperti dikutip dari laman Telegraph.


Microsoft mengatakan akan terus bekerja sama dengan operator Verizon di Amerika Serikat untuk menjual sisa Kin.



SOURCE

Ilmuwan Temukan Cara Memprediksi Tendangan Pinalti

Ilmuwan Temukan Cara Memprediksi Tendangan Pinalti
Oscar Cardozo (Paraguay) mencetak gol kemenangan setelah membobol gawang Eiji Kawashima (Jepang) / Foto: Toru Hanai / Reuters

DALAM PERTANDINGAN sepak bola seperti Piala Dunia, hal yang menjadi tujuan pemain adalah kesempatan melakukan tendangan pinalti karena adanya kesalahan atau pelanggaran dari ‘lawan’ bertanding.

Kiper yang menghadapi bola yang meroket ke arahnya menghabiskan kurang dari setengah detik di udara, membuatnya harus berkonsentrasi menentukan cara menyelami kaki penendang yang akan membuat kontak dengan bola.

Gabriel Diaz, seorang ilmuwan dari Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, New York, mengungkapkan telah menemukan cara memprediksi tendangan pinalti dengan menggunakan teknologi gerak indera dan analisis komputer. Dia melakukan identifikasi beberapa tanda-tanda awal yang dipercaya dapat memprediksikan ke mana arah tendangan penalti akan pergi.

Seperti dilansir dari laman ABC.net, Jumat (02/07/2010), Diaz menyatakan bahwa tendangan penalti terkadang dapat menentukan tim mana yang memenangkan pertandingan sepak bola. Meskipun ada peran penting keterampilan fisik yang juga dapat menentukan. Pada akhirnya, tembakan pinalti merupakan permainan pikiran antara penedang bola dan kiper.

“Di masa depan, saya ingin menciptakan suatu rezim pelatihan persepsi,” kata Diaz.

Studi ilmiah terdahulu menyatakan bagaimana emosi seorang kiper, bagaimana sikap yang dapat mempengaruhi seorang penendang akan menempatkan bola, dan bagaimana kegelisahan seorang penendang bola dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan.

Dengan melakukan pendekatan yang berbeda, Diaz ingin mencari tahu bagaimana gerakan tubuh penendang bola sebelum dia menendang, ini kemungkinan dapat menentukan bola tersebut akan pergi ke mana.

Hasil yang didapat, adalah menentukan gerakan tubuh dan menunggu sedikit lebih lama untuk membuat keputusan dapat menentukan keberhasilan.

Sementara itu menurut Richard Ginsburg, direktur Rumah Sakit Umum Program Psikologi Olahraga Massachusetts di Boston, temuan ini hanya cara mengakali antara penendang bola dan kiper. Bedah olahraga berdasarkan kajian ilmiah tetap tidak pernah dapat menghasilkan pemain yang sempurna.

Psikologi pemain memiliki peran besar yang dapat membuat hasil tak terduga.

“Ada sejumlah besar faktor dapat menentukan semuanya. Nanti akan selalu ada variabel-variabel lain yang akan diketahui,” kata Ginsburg, yang juga pemain dan seorang pelatih sepak bola.

Rencananya, hasil studi Gabriel Diaz tersebut akan diserahkan ke jurnal ilmiah dan akan ditindak lanjuti.


SOURCE

HIRO III Merasakan Apa yang Anda Lihat pada Layar

HIRO III Merasakan Apa yang Anda Lihat pada Layar

ILMUWAN DARI Universitas Gifu Kawasaki dan Laboratorium Mouri di Gifu di pusat Jepang, mengatakan HIRO III adalah robot antarmuka yang dapat mengirimkan sensasi sentuhan yang nyata bagi ujung jari penggunanya. Menggunakan layar sentuh tampilan 3D yang dapat memberikan rangsangan visual.

Robot ini digunakan dengan cara mengikat pergelangan tangan dan lima jari si pengguna. Jari-jari robot tersebut dapat memberikan rangsangan atau sensasi terhadap sentuhan penggunanya, mensimulasikan tekstur permukaan, menentukan ukuran objek virtual dan rasa berat.

Sistem ini terintegrasi dengan tampilan tiga dimensi yang menampilkan gambar tangan penggunanya. Tangan di layar muncul berada di posisi yang sama dengan si pengguna, yang dapat membuat pengalaman tampak sangat realistis.

Setiap ujung jari robot memiliki gerak lima belas derajat dan memiliki enam lengan, yang memungkinkan untuk beroperasi dalam ruang yang relatif besar di bawah layar. Gerakan robot tersebut dikendalikan oleh lima belas mesin bermotor yang berjalan secara bersamaan.

Perangkat ini dapat digunakan dalam aplikasi seperti mengontrol lengan robot dalam pekerjaan pabrik, untuk mensimulasikan prosedur dalam pelatihan diagnosa medis.

Robot ini masih dalam tahap percobaan. Para peneliti sedang berkonsentrasi menggunakan robot itu dalam proses mengajar mahasiswa kedokteran bagaimana melaksanakan skrining taktil untuk kanker payudara.


SOURCE

Peneliti Ramalkan Siapa yang Hidup Lebih Lama dengan Pola Gen

Peneliti Ramalkan Siapa yang Hidup Paling Lama dengan Pola Gen
Seorang penjaga Afghanistan tersenyum melihat kamera ketika duduk di luar sebuah toko di sebuah pasar di Kabul, 26 Mei 2010 / Foto: Reuters (Ahmad Masood)

PARA PENELITI telah berhasil menemukan pola gen yang dapat memprediksikan dengan tingkat akurasi yang lebih banyak daripada penelitian sebelumnya — siapa yang kemungkinan dapat hidup sampai umur 100 tahun atau lebih tua — bahkan jika mereka memiliki gen lain yang berkaitan dengan penyakit.

Temuan mereka, diterbitkan di jurnal Science, Jumat (02/07/2010) dimana peneliti menawarkan kemungkinan yang menggiurkan tentang siapa yang kemungkinan dapat memiliki kehidupan yang lebih lama. Temuan itu juga mencuatkan keraguan mengenai ketepatan percobaan yang kini dipasarkan dan menawarkan untuk meramalkan resiko seseorang terserang penyakit kronis seperti Alzheimer`s.

Beberapa tim peneliti telah mengidentifikasi pola gen yang berkaitan dengan usia sangat tua. Tetapi para peneliti tersebut yang dipimpin oleh Paola Sebastiani dan Dr. Thomas Perls di Boston Unversity mengatakan temuan mereka menyediakan ketepatan terbaik.

Mereka meneliti lebih dari 1.000 orang yang hidup sampai usia 100 tahun atau lebih dan mencocokkan mereka dengan 1.200 orang lagi untuk mengidentifikasi pola genetika yang lebih umum pada orang yang berusia 100 tahun. Mereka menggunakan pendekatan yang disebut studi asosiasi genom-luas.

Hal yang mengejutkan mereka adalah orang yang hidup paling lama memiliki banyak gen yang sama yang berkaitan dengan penyakit sebagaimana orang lain. Gen usia tua mereka tampaknya membatalkan semua dampak gen penyakit itu.

“Banyak orang mungkin menanyakan, `Yah, siapa yang ingin hidup sampai usia 100 tahun`, karena mereka menduga mereka memiliki setiap penyakit yang berkaitan dengan usia di bawah sengatan sinat Matahari dan berada di ambang kematian, dan tentu saja menderita Alzheimer`s. Tetapi ini ternyata tidak benar,” kata Perls kepada wartawan dalam taklimat melalui telefon, sebagaimana dikutip redaktur Kesehatan dan Sains Reuters, Maggie Fox.

“Kami telah menyatakan dalam pekerjaan sebelumnya bahwa 90 persen orang yang berumur 100 tahun terbebas dari cacat pada usia, rata-rata, 93 tahun. Kami telah lama berpendapat bahwa untuk mencapai usia 100 tahun orang harus memiliki relatif lebih sedikit varian yang berkaitan dengan penyakit. Namun dalam kasus ini, kami mendapati bukan itu kasusnya.”

Mereka mengidentifikasi 19 pola di antara 150 gen dan mengatakan pola itu meramalkan dengan 77 persen ketepatan siapa yang akan berada di kelompok usia sangat tua.

“Sebagian tanda berhubungan dengan kelangsungan hidup paling lama, tanda lain berkaitan dengan usia paling lama tertunda mengenai kemunculan penyakit yang berhubungan dengan usia seperti dementia atau penyakit jantung dan pembuluh darah atau tekanan darah tinggi,” kata Sebastiani.

Para peneliti itu menekankan bahwa memiliki gen itu kelihatannya tidak memberi seseorang karcis bebas untuk merokok, minum minuman beralkohol dan makan berlebihan.

Para peneliti Boston tersebut mengatakan mereka tak berencana memasarkan hasil percobaan bagi gen usia panjang itu dan sedang mengerjakan rancangan jejaring gratis tempat orang yang memiliki rangkaian DNA dapat memeriksakan dan melihat apakah mereka memiliki gen itu.

“Metodologi yang kami kembangkan dapat diterapkan pada ciri khusus gen lain yang rumit, termasuk penyakit Alzheimer`s, Parkinson, penyakit jantung dan pembuluh darah dan diabetes,” kata Sebastiani.

Saat ini, satu dalam 6.000 orang hidup sampai usia 100 tahun dan 1 dalam 7 juta mencapai usia 110 tahun. Para peneliti tersebut mengatakan kepercayaan bahwa penduduk tertentu di tempat seperti Rusia atau Azerbaijan lebih mungkin untuk mencapai usia 100 tahun telah terbukti tidak benar.

Perls mengatakan ia tidak melihat temuan yang mengarah kepada obat awet muda, tapi berharap obat itu dapat digunakan untuk membantu menunda kemunculan penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer`s.


SOURCE

Friday, May 20, 2011

6 Langkah Jitu Menghilangkan Virus Luna Maya



Sebuah virus yang cukup menjengkelkan dengan julukan ‘Luna Maya’ telah menyebar di Indonesia. Virus ini menampilkan pesan yang agaknya meledek penggemar video porno di Indonesia, dengan menampilkan Pop Up bertuliskan “dasar!! otak bokep..”

Virus itu juga menimbulkan dampak-dampak yang cukup menjengkelkan. Misalnya, drive CD/DVD ROM akan terus terbuka meskipun sudah ditutup secara manual oleh pengguna.

Julukan ‘Luna Maya’ diberikan pada virus ini karena salah satu file penyebarannya memiliki nama LunaMaya.exe. Virus ini dideteksi sebagai Suspicious_Gen2.LBTU oleh Norman Security Suite.


Nah, berikut adalah 6 langkah untuk mengusir virus ini seperti disampaikan oleh Adi Saputra, analis antivirus dari Vaksincom:

1. Lakukan pembersihan virus pada mode “safe mode”.

  • Untuk masuk pada mode “safe mode”, tekan tombol F8 pada keyboard saat komputer dinyalakan.

  • Pada menu Windows Advanced Options, anda dapat memilih mode “safe mode” atau dapat juga mode “safe mode with networking” dan “command prompt”. Agar lebih mudah pilih saja mode “safe mode”.

  • Biarkan windows berjalan hingga muncul jendela konfirmasi penggunaan “safe mode”. (lihat gambar 12)

  • Klik pilihan “Yes”, untuk menggunakan mode “safe mode” pada jendela konfirmasi tersebut.

2. Matikan proses virus yang aktif pada memory.

  • Gunakan tools pengganti Task Manager dalam hal ini gunakan CurProcess. Download tools CurrProcess pada link berikut ini : http://www.nirsoft.net/utils/cprocess.zip

  • Jalankan CurrProcess, kemudian cari file virus “Amoumain.exe”. Klik kiri file virus, kemudian pilih “Kill Selected Processes”. Jika file virus sudah hilang, maka tutup jendela CurrProcess.

3. Perbaiki registry windows yang sudah di modifikasi oleh virus dengan langkah sebagai berikut

a. Salin script dibawah ini menggunakan wordpad. Klik menu [Start] à [All Programs] à [Accessoris] à [Wordpad].

[Version]

Signature=”$Chicago$”

Provider=Vaksincom Oyee


[DefaultInstall]

AddReg=UnhookRegKey

DelReg=del


[UnhookRegKey]

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced, ShowSuperHidden,0×00010001,1

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced, SuperHidden,0×00010001,1

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced, HideFileExt,0×00010001,0

HKLM, SOFTWARE\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”

HKLM, SOFTWARE\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”

HKLM, SOFTWARE\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”

HKLM, SOFTWARE\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”

HKLM, SOFTWARE\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe “%1″”

HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”


[del]

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\system, DisableTaskMgr

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer, NoRun


b. Simpan file dengan nama “repair.inf”. Gunakan pilihan Save as type menjadi Text Document agar tidak terjadi kesalahan.

c. Klik kanan file “repair.inf” kemudian pilih “Install”.


4. Hapus file virus “Luna Maya” dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki type file “Application”

  • Memiliki ukuran file “37 kb”

  • Memiliki icon file MS Word

Catatan :

  • Untuk mempermudah pencarian sebaiknya gunakan fungsi Search Windows dengan menggunakan filter file *.exe dan *.inf dan berukuran 37 kb.

  • Hapus file virus yang biasanya mempunyai date modified yang sama.

  • Pastikan hapus file virus utama seperti : Amoumain.exe, Luna Maya.exe, Love.exe, dan nt.bat

  • Log-off komputer, kemudian log-in kembali.

5. Untuk pembersihan yang optimal dan mencegah infeksi ulang, scan kembali menggunakan antivirus yang ter-update dan mengenali virus ini dengan baik.


6. Untuk USB flash atau removable drive yang sudah di rusak atau format oleh virus, sebaiknya gunakan software recovery untuk mengembalikan data yang hilang.



SOURCE

Hati-hati Virus Luna Maya menyerang Komputer



Virus ‘Luna Maya’ muncul di ranah cyber Indonesia. Seperti apa ciri-ciri file dan metode penyebaran virus yang membawa pesan agak-agak meledek penggemar video porno tersebut?


Menurut Adi Saputra, analis antivirus Vaksincom, seperti dikutip detikINET, Rabu (30/6/2010), virus ‘Luna Maya’ merupakan virus lokal yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Ciri-cirinya, file virus itu memiliki ukuran 37 kb, tipe file application, ber-ektensi .exe, serta menggunakan icon MS Word.


Kemudian, lanjut Adi, jika virus berhasil menginfeksi komputer maka akan membuat beberapa file virus. File-file ini adalah nt.bat (di drive C:\), Amoumain.exe (di C:\WINDOWS\system32\) dan Love.exe di semua root drive.


File Love.exe itu menurut Adi akan terdapat pada setiap root drive, termasuk pada mapping drive atau removable drive. Sedangkan file nt.bat merupakan script virus untuk melakukan format drive.


Adi mengatakan, virus ‘Luna Maya’ akan menyebar lewat cara-cara yang biasa dilakukan virus lokal. Termasuk, menginfeksi USB Flash Disk atau removable disk lainnya serta menginfeksi lewat share jaringan.


Virus ini, lanjutnya, juga akan melakukan perubahan pada Registry. Perubahan dilakukan untuk menambahkan file virus agar dijalankan pada Start Up Windows dan untuk memblokir fungsi Windows tertentu.



SOURCE

MULLA SHADRA

Mulla Shadra
Oleh: MUH. ADLANI

Mulla Shadra seorang filosof yang sederajat dengan filosof Abu Nasir Farabi, Ibnu Sina, Syaikh Isyraq Suhrawardi, Nasiruddin Thusi, Ibnu Rusd, Ibnu Miskawai dan lain sebagainya. Juga penafsir serta penyempurna filsafat-filsafat Islam sebelumnya, dalam ilmu Irfan iapun sederajat dengan para urafa seperti Ibnu Arabi. Dalam kehidupannya ia berupaya jauh dari kehidupan mewah dan tidak mengejar kekuasaan dan tidak banyak berinteraksi dengan masyarakat awam. Pada tahun 1039 H atau 1631 dia ke desa kecil bernama Kahak yang terletak di dekat kota suci Qum dan menggunakan banyak waktunya untuk pensucian diri, tafakkur tentang hakikat-halikat segala sesuatu dan beribadah kepada Tuhan. Ia meninggalkan desa tersebut dan kembali lagi ke Syiraz pada tahun 1040 H atau 1632.Mulla Shadra berkeyakinan untuk sampai kepada kesempurnaan makrifat Tuhan (tauhid) dan ilmu akhirat (eskatologi) maka seseorang harus mutlak meninggalkan dunia, syahwat dan cinta pada kekuasaan disertai dengan kecerdasan akal, ketajaman fitrah dan kesucian jiwa.”

Syiraz adalah kota bersejarah Iran dan terletak di wilayah Pars. Di zaman Mulla Shadra, pemerintah Iran di bawah kekuasaan keturunan Shafawiyan yang secara resmi mengakui kemerdekaan wilayah Pars, saudaranya menjadi raja di wilayah Pars dan salah satu menterinya adalah ayah Mulla Shadra.

Ayah Mulla Shadra –Khajah Ibrahim Qiwami– seorang negarawan yang cerdas dan mukmin serta memiliki kekayaan yang melimpah dan kedudukannya yang mulia lagi terhormat, namun setelah menunggu bertahun-tahun ia baru dianugerahkan seorang putra yang diberi nama Muhammad (Sadruddin) dan sehari-hari dipanggil Shadra, setelah dia dewasa kemudian digelari mulla yang berarti ilmuwan besar lalu digabungkan dengan nama kecilnya menjadi Mulla Shadra.

Sadruddin Muhammad (Shadra), merupakan anak tunggal seorang menteri raja yang menguasai wilayah luas Pars, hidup di lingkungan yang religius, terhormat dan mulia. Biasanya untuk anak-anak yang tinggal di lingkungan istana pada saat itu mereka diajar oleh guru privat di rumah mereka sendiri. Shadra seorang anak yang cerdas, semangat dan rajin belajar, dalam waktu yang singkat dia menguasai seluruh pelajaran yang diajarkan seperti, tata-bahasa Persia, Arab, seni dan tulisan indah. Pelajaran-pelajaran lain yang juga diperlajari misalnya, Fiqih, Logika dan Filsafat, tetapi Shadra yang belum balig waktu lebih condong ke Filsafat dan terkhusus dalam bidang Irfan. Hal ini dapat dilihat dari diarynya yang banyak tertulis syair-syair irfani berbahasa parsi dari Jalaluddin Maulawi, Araqi dan Attar.

Sebagian dari pelajaran di atas ia pelajari di kota Syiraz dan sebagian lagi dipelajari sewaktu berumur enam tahun di Qazwin. Di sana ia belajar dengan banyak guru dalam bidang yang beragam dan menyelesaikannya dengan cepat mulai dari pelajaran tingkat pertama, menengah sampai tingkat tinggi.

Mulla Shadra selama DI Qazwin bertemu dengan guru-guru besar seperti Syaikh Bahauddin Amili Ra dan Mir Damad Ra dan kemudian menuntut ilmu dari mereka. Dalam waktu yang cepat, dengan kecerdasan yang dimilikinya, ia dapat menguasai pelajaran dengan sempurna dan menjadi murid yang paling dihormati dan dicintai oleh kedua gurunya.

Dengan berpindahnya ibukota Shafawiyyah dari Qazwin ke Ishfahan (tahun 1006 H atau 1598 M)[1] Syaikh Bahauddin dan Mir Damad beserta muridnya juga hijrah ke kota tersebut dan meluaskan pengajarannya di sana. Pada masa itu, Mulla Shadra berusia 27 tahun dan secara resmi telah menamatkan semua pelajarannya.

Tidak diketahui secara pasti selama berapa tahun ia menetap di Ishfahan dan setelah itu ia ke kota mana. Kemungkinan besar setelah tahun 1010 H atau 1602 M ia hijrah dari Ishfahan ke kotanya Syiraz untuk mengurusi warisan kekayaan ayahnya, sebagian hartanya diberikan ke fakir miskin dan beberapa bagian diwakafkan untuk kepentingan umum di Syiraz.

Muhammad Ibrahim bin Yahya Qiwami Syirazi yang digelar Sadr al-Mutaallihin dan lebih dikenal sebagai Mulla Shadra adalah salah seorang filosof ilahi terbesar dan teragung yang mewarisi secara sempurna filsafat Islam dan pendiri aliran baru dalam filsafat Islam yang dinamakan al-Hikmah al-Muta’aliyah yang terus berpengaruh hingga saat ini.

Syaikh Muhammad Husain Garawi Isfahani Ra[2] bertutur ihwal Mulla Shadra: Jika ada orang yang mengetahui sempurna rahasia kitab Asfar[3] maka saya akan berguru kepadanya walaupun ke negeri Cina.

Mulla Shadra seorang filosof yang sederajat dengan filosof Abu Nasir Farabi, Ibnu Sina, Syaikh Isyraq Suhrawardi, Nasiruddin Thusi, Ibnu Rusd, Ibnu Miskawai dan lain sebagainya. Juga penafsir serta penyempurna filsafat-filsafat Islam sebelumnya, dalam ilmu Irfan iapun sederajat dengan para urafa seperti Ibnu Arabi.

Dalam kehidupannya ia berupaya jauh dari kehidupan mewah dan tidak mengejar kekuasaan dan tidak banyak berinteraksi dengan masyarakat awam. Pada tahun 1039 H atau 1631 dia ke desa kecil bernama Kahak yang terletak di dekat kota suci Qum dan menggunakan banyak waktunya untuk pensucian diri, tafakkur tentang hakikat-halikat segala sesuatu dan beribadah kepada Tuhan. Ia meninggalkan desa tersebut dan kembali lagi ke Syiraz pada tahun 1040 H atau 1632.

Mulla Shadra berkeyakinan untuk sampai kepada kesempurnaan makrifat Tuhan (tauhid) dan ilmu akhirat (eskatologi) maka seseorang harus mutlak meninggalkan dunia, syahwat dan cinta pada kekuasaan disertai dengan kecerdasan akal, ketajaman fitrah dan kesucian jiwa.

Lebih lanjut dia berkata bahwa seseorang yang tidak sampai pada derajat mukasyafah (penyingkapan) dalam memahami hakikat-hakikat segala sesuatu maka secara hakiki tidak bisa disebut sebagai hakim. Dia katakan bahwa hukum-hukum syariat sesuai dengan ilmu makrifat (filsafat ilahi dan irfan) dan tidak bertentangan satu sama lain.

Kata Mulla Shadra orang yang tidak ingin menapaki jalan spritual (suluk) dan tidak istiqamah dalam meraih mukasyafah atas apa yang telah diargumentasikan tidak akan mendapatkan manfaat dalam menghayati secara serius ayat-ayat al-Quran dan sebaiknya orang tersebut tidak mempelajari dan mendalami karya-karyanya. Orang seperti ini sebaiknya mempelajari ilmu-ilmu lahiriah seperti ilmu Bahasa, Sejarah, ilmu Ushul, ilmu Fiqih dan ilmu Hadis. Menurutnya sebagian besar masyarakat haram memperlajari ilmu makrifat ini karena kesulitan yang sangat dalam meraihnya dan mencapainya dibutuhkan niat suci, cita-cita yang tinggi, keinginan yang membaja dan taufik dari Tuhan.

Ilmu makrifat dipelajari hanya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, jika tidak maka dia tidak akan mungkin sampai pada hakikat ilmu tersebut, bahkan sebaliknya akan menjauhkannya dari jalan yang lurus dan tujuan suci. Seorang filosof yang bijaksana tidak boleh mengajarkan dan mewariskan ilmu itu kepada orang seperti ini.


Kelahiran dan wafat

Mulla Shadra lahir pada tahun 979 H atau 1571 M di kota Syiraz. Ayah Mulla Shadra khajah Ibrahim Yahya Qiwami Syirazi anak dari Qiwamuddin Muhammad seorang wakil raja dari keturunan Muzaffar.

Syiraz saat itu merupakan kota yang paling tenang dan paling indah di bawah kekuasaan raja Muhammad Mirza Khudo Bandeh (saudara Syah Ismail kedua) dari keturunan Shafawiyah, raja ini sangat mendukung penyebaran agama dan mencintai ilmu, ayah Mulla Shadra bekerja di kerajaan tersebut dan dihormati masyarakat karena budi-baiknya.

Syaikh Abdullah Zanjani dalam salah satu karyanya menulis kisah tentang Mulla Shadra, dikisahkan suatu hari ayahnya pergi dan melimpahkan satu pekerjaan kepadanya, setelah kembali dari safar ia meminta laporan pertanggungjawaban keuangan selama ditinggal, dalam laporannya tertulis ada sejumlah besar uang disumbangkan kepada orang fakir, jumlah uang yang disumbangkan tersebut setara dengan jumlah uang yang dinazarkan ayahnya kepada Tuhan ketika memohon seorang anak. Ketika ayahnya menanyakan alasan penggunaan uang sebanyak itu Mulla Shadra menjawab bahwa uang itu adalah uang nazar yang mesti dibayarkan. Ia sangat terperanjat mendengar jawaban anaknya karena hal itu tidak pernah disampaikan kepadanya.

Mulla Shadra dilahirkan di zaman dimana cahaya filsafat redup dan tiada pendukungnya, Tuhan Yang Maha Bijaksana kemudian memilih hamba-Nya dan mengutus untuk menyempurnakan dan menyebarkan ilmu tersebut setelah sebelumnya mengutus secara bertahap filosof-filosof untuk menyiapkan lahan demi menerima hakikat-hakikat yang lebih tinggi.

Filosof Ilahi ini meninggal tahun 1050 H atau 1640 M di kota Bashrah dalam perjalanannya yang ketujuh ke Mekkah dengan berjalan kaki. Filosof Sayyid Abul Hasan al-Qazwini Ra berkata: empat puluh tahun yang lalu saya bertanya tentang kuburan Mulla Shadra kepada salah seorang Arab yang tinggal di Najaf Asyraf Iraq yang sering ke kota Bashrah Iraq, orang Arab tersebut menjawab di kota Bashrah ada kuburan yang dikenal dengan kuburan Mulla Shadra Syirazi, tapi peneliti sejarah tidak pernah menemukan tanda-tanda kuburan filosof tersebut mungkin karena pengaruh perubahan tata letak kota mengakibatkan kuburan tersebut hancur, wallahu a’lam bihaqayikil umur.

Guru-guru Mulla Shadra

Mulla Shadra belajar di Qazwin kepada Syaikh Bahauddin Amili Ra dan Mir damad Ra, setelah ibukota berpindah dari Qazwin ke Ishfahan pada tahun 1006 H atau 1596 M iapun hijrah bersama kedua gurunya ke kota tersebut dan menyelesaikan pelajaran tertingginya seperti Logika, Filsafat dan Irfan di sana. Mulla Shadra banyak sekali mengambil manfaat dari kedua gurunya tersebut.


1. Syaikh Bahauddin Amili

Syaikh Bahauddin (953 – 1030 H) walaupun bukan guru pertama Mulla Shadra tetapi merupakan guru yang paling penting dan berpengaruh dalam membentuk kepribadiannya hingga mencapai kesempurnaan akhlak dan ilmu.

Dia adalah anak dari salah seorang fuqaha Libanon bernama Syaikh Husain bin Abd ash-Shamad Amili Ra. Kota Jabal Amil salah satu kota yang terletak di selatan dan penduduknya mayoritas Syiah, saat itu di bawah kekuasaan pemerintah Jabbar Usmani yang menyiksa dan membunuh banyak ulama-ulama Syiah, sehingga sebagian ulama-ulama hijrah dan berlindung di bawah pemerintahan Iran Shafawi. Syaikh Bahauddin yang saat itu berumur tujuh tahun bersama ayahnya juga hijrah ke Iran. Ayahnya sebagai Syaikh al-Islam dan menjadi wakil ruhani di kota Harat Khurosan dan Syaikh belajar dan menyelesaikan studinya di Iran kemudian dengan cepat menjadi seorang ulama yang terkenal.

Syaikh menguasai berbagai cabang ilmu seperti Fiqih, Hadis, Tafsir, Adabiyat, Matematika dan Astronomi.

2. Mir Damad

Mir Muhammad Baqir Husaini yang dikenal dengan Mir Damad adalah salah seorang ulama terbesar di zamannya dan guru terkenal yang mengajarkan filsafat peripatetik (masyai), filsafat iluminasi (isyraqi), Irfan, Fiqih dan ilmu keislaman. Ayahnya juga seorang faqih dari Istarabad (sekarang Gurgon), di masa muda Mir Damad belajar di Madrasah Khurasan setelah itu menjadi menantu (damad) ulama terkenal dari Libanon Syaikh Ali Karaky yang di kenal sebagai Muhaqqiq kedua dan penasihat agung raja Shafawi, karena ia menjadi menantu ulama tersebut maka gelar Damad yang artinya menantu melekat padanya.

Ia dilahirkan di Khurasan tahun 969 H atau 1562 M, dan menghabiskan masa remajanya di Masyhad ibukota Khurasan. Dia sangat cerdas dan cepat menamatkan semua pelajaaran dasar kemudian berangkat ke Qazwin (saat itu ibukota Pars) untuk menyempurnakan ilmunya. Semua tingkatan keilmuan dilalui dengan sempurna dan menjadi seorang ulama dan guru yang terkenal.

Mulla Shadra semasa remaja bersama ayahnya ke Qazwin bertemu dengan Mir Damad dan menjadi muridnya. Pada tahun 1006 H atau 1596 M ibukota Pars berpindah dari Qazwin ke Ishfahan maka Mir Damad pun memindahkan pengajarannya ke sana. Mulla Shadra banyak mengambil manfaat dari gurunya dan menguasai secara sempurna ilmu yang dimilikinya, ialah pewaris ilmu gurunya. Mulla Shadra sangat menghormati dan mencintai gurunya sedemikian hingga hubungan dengan gurunya sangatlah erat dan tak terputus.

Mir Damad pada tahun 1041 H atau 1631 M meninggal karena sakit dalam perjalanannya ke Iraq.

Tiga tahapan kehidupan Mulla Shadra

Kehidupan Mulla Shadra dibagi dalam tiga tahapan:

Tahapan pertama: masa menuntut ilmu dan mengkaji berbagai pemikiran-pemikiran Filsafat dan Irfan (tasawuf). Di masa ini juga pemikiran kedua gurunya -Mir Damad dan Syaikh Bahauddin- masih berpengaruh kuat pada dirinya.

Tahapan kedua: Karena tekanan dan prilaku yang buruk dari orang-orang yang hasad atas kemajuan ilmunya begitu juga dari orang yang benci karena pemikiran-pemikiran barunya yang banyak bertentangan dengan pemikiran ulama dan fuqaha saat itu dia kemudian meninggalkan Syiraz tahun 1039 H atau 1631 M dan mengasingkan dirinya ke desa Kahak dekat dengan kota suci Qum[4].

Di tempat kudus ini, ia melakukan pensucian diri dengan berkonsentrasi pada peribadatan, puasa dan riyadhah (olah batin). Ia menjalani dengan cepat tingkatan-tingkatan suluk irfani hingga sampai pada derajat spiritual tertinggi dan mukasyafah. Pada tahun 1040 H atau 1632 M kembali ke Syiraz.

Tahapan ketiga: masa menulis, mengajar dan mendidik. Masa ini merupakan hasil dari dua tahapan tersebut. Di masa ini ia menulis kitab Asfar dan karya-karya lainnya yang ditulis pada tahapan pertama kehidupannya merupakan sumber-sumber untuk penulisan kitab Asfar. Mulla Shadra kembali mengajar setelah menyelesaikan secara sempurna sair wa suluk (tangga-tangga perjalanan spiritual) dan telah tersingkap baginya hakikat-hakikat Islam, dengan perbedaan bahwa pengajaran beliau kali ini dengan ilmu syuhudi (intuisi) disertai hadis dari Rasul Saw dan Ahlulbait As. Karena penafsiran-penafsiran beliau berdasarkan kedua sumber tersebut – ilmu syuhudi dan hadis – tidak sesuai dengan apa yang dipahami secara umum oleh banyak ulama dan fuqaha, akhirnya membangkitkan kebencian dan kemarahan mereka yang berujung pada pengkafiran (tafkir) dirinya dan pengharaman membaca karya-karyanya.


Mulla Shadra setelah melewati ketiga tahapan tersebut berkata:

Segala hal yang mengantarkan kami kepada inayah (perhatian) dan hidayah Tuhan serta pengetahuan rahasia tauhid dan alam akhirat, saya berkeyakinan bahwa tak satupun pengikut filsafat peripatetik selain Aritoteles sampai kepada derajat pengetahuan tersebut dan juga saya yakin tak satupun para sufi yang sampai pada mukasyafah (penyingkapan) irfani mampu mengargumentasikan segala hal yang didapati dari mukasyafah[5].



Putra-putri Mulla Shadra


Kemungkinan besar Mulla Shadra menikah diumur 40 tahun dan dianugerahkan lima anak dua laki-laki dan tiga perempuan anak, berikut ini nama dan tahun kelahiran mereka:

1. Ummu Kulsum lahir tahun 1019 H/1609 M

2. Ibrahim lahir tahun 1021H/1611 M

3. Zubaidah lahir tahun 1024 H/1614 M

4. Nizamuddin Ahmad lahir tahun 1031 H/1621 M

5. Ma’shumah lahir tahu 1033 H/1623 M


Murid-murid Mulla Shadra

Pada tahapan ketiga kehidupan Mulla Shadra dikatakan bahwa dia kembali mengajar dan mendidik murid-muridnya di madrasah Syiraz yang bernama Khan di bangun pada zaman pemerintahan Syah Abbas Shafawi.

Di madrasah inilah dihasilkan banyak murid-muridnya yang ternama dan kemudian menjadi filosof terkenal, di bawah ini kami hanya menyebutkan murid-muridnya yang memiliki karya-karya yang banyak, seperti:

1. Mulla Muhsin Faidh Kasyani, menikah dengan Zubaidah anak ketiga Mulla Shadra

2. Mulla Abdurazzaq Lahiji yang di gelari Fayyadh, menikah dengan Ummu Kulsum anak pertama Mulla Shadra.

3. Mirza Syarafuddin Abu Ali Ibrahim, anak kedua Mulla Shadra

4. Nizamuddin Ahmad, anak keempat Mulla Shadra

5. Syaikh Husain Tankabi

6. Syah Abul Wali Syiraz

7. Mulla Muhammad Irwani

8. Muhammad bin Ridha bin Ogho Jani


Karya-karya Mulla Shadra


1. Al-Hikmah al-Muta’âliyah fi al-Asfar al-Arba’ah: kitab ini adalah magnum opusnya dan induk dari semua karya-karyanya serta paling lengkapnya pembahasan filsafat dari seorang filosof. Kitab ini terbagi dalam empat perjalanan: perjalanan dari makhluk ke Tuhan, perjalanan dari Tuhan ke Tuhan bersama Tuhan, perjalanan dari Tuhan ke makhluk bersama Tuhan, perjalanan dari makhluk ke makhluk bersama Tuhan.

2. Ittihâd al-Âqil wa al-Ma’qul: risalah ini merupakan kesimpulan dari pembahasan-pembahasan khusus yang ada di kitab Asfar.

3. Ittishâf al-Mahiyat bi al-Wujud: risalah ini menjelasakan tentang bagaimana hubungan kesatuan antara esensi (mahiyat) dengan eksistensi (wujud).

4. Ajwibatu al-Masail: kandungan risalah ini tentang penjelasan kekuasaan Tuhan, substansi, pengertian aksiden dan masalah-masalah komposisi dan terbentuknya materi dan jawaban Mulla Shadra atas pertanyaan yang ditujukan kepada filosof Nashruddin Thusi dari seseorang tapi tidak terjawab, pertanyaan tersebut berkisar: gerak merupakan sebab dari waktu, penciptaan jiwa manusia, bagaimana terpancarnya kejamakan dari ketunggalan wujud..

5. Ajwibatul al-Masâil an-Nashiriyat: berisi lima persoalan antara lain: pertanyaan tentang gerak, tentang jiwa nabati, bagaimana hadirnya gambaran sesuatu dalam pikiran, perbedaan pengindraan hewan dan manusia, penciptaan jiwa setelah kematian.

6. Asrar al-Ayat wa Anwâr al-Bayyinat: Kitab ini membahas tentang ilmu-ilmu Ketuhanan, perbuatan ilahi dan ilmu tentang alam akhirat.

7. Aksirul ‘Arifin: tentang makrifat-makrifat yang tinggi, membahas tentang pembagian ilmu—ilmu dan makrifat nafs (ilmu jiwa).

8. At-Tasyakhkhush: berisi tiga bab tentang pembahasan umum wujud.

9. At-Tasawwur wa at-Tashdiq: berhubungan dengan pembahasan logika tapi khusus mengupas masalah-masalah tolok ukur kebenaran pemahaman manusia.

10. Ta’liqât ‘ala al-Hikmat al-Isyrâq: catatan-catatan kaki Mulla Shadra atas buku Syaikh Isyraq Suhrawardi.

11. Ta’liqât ‘ala al-Ilahiyyat as-Syifa: berisi penjelasan, tafsir dan kritik atas kitab Syifa Ibnu Sina.

12. At-tafsir al-Quran: berisi tafsiran dan penjelasan beberapa surah dari al-Quran, antara lain: al-Hadid, Ayatul Kursi, an-Nur, as-Sajdah, al-Fatihah, al-Baqarah, Yasin, Jum’ah, al-Waqi’ah, at-Thariq, al-‘Ala dan az-Zalzalah.

13. Huduts al-‘Âlam: penjelasan tentang hadis dan hadirnya alam materi.

14. Al-Hasyr: berisi penjelasan bahwa kebangkitan setelah hari kiamat berkaitan dengan semua makhluk bukan hanya manusia.

15. Al-Hikmat al-Arsyiyyah: Kitab ini merupakan kesimpulan kitab Asfar yang hanya memuat pikiran-pikiran Mulla Shadra.

16. Khalq al-‘Amâl: membahas masalah jabr (keterpaksaan) dan ikhtiar (kebebasan) berdasarkan argumentasi rasional dan dukungan hadis-hadis Ahlulbait As.

17. Diwâne Sy’er: kumpulan syair-syair Mulla Shadra yang dikumpulkan oleh muridnya Mulla Muhsin Kasyani.

18. Zad al-Masafir wa Zad as-Sâlik: pembahasan khusus tentang ma’ad jasmani.

19. Sarayân Nur Wujud al-Haq fi al-Maujudat: risalah ini mengkaji rahasia kebersamaan Tuhan dengan makhluk.

20. Seh Asl: kitab ini menggambarkan kepada kita bagaimana sebagian ulama dan fuqaha menampakkan kebencian dan perlawanannya kepada filosof dan ‘arif, dan juga berisi nasihat-nasihat spiritual bagi para pesuluk ilmu dan amal.

21. Syar Ushul al-Kâfi: hanya menafsirkan bab-bab tauhid dan doktrin-doktrin aqidah lainnya dalam kumpulan hadis Syiah ini.

22. Syar Hidayat al-Asiriyyah: kitab ini menafsirkan pemikiran-pemikiran aliran filsafat peripatetik.

23. Asy-Syawâhid ar-Rububiyyah fi al-Manâhij as-Sulukiyyah: Kitab ini mengulas seluruh pikiran-pikiran Mulla Shadra secara luas atau hanya memuat dotrin-dotrin aliran filsafat muta’aliyyah.

24. Al-Qadha wa al-Qadr: risalah ini memuat penjelasan tentang arti qadha dan qadar, bagaimana hadirnya keburukan dalam qadha ilahi, faktor penting dalam ikhtiar dan pengaruh doa serta manfaat ketaatan kepada Tuhan.

25. Kasr Ashnam al-Jahiliyyah: Kitab ini ditulis mengkritik prilaku orang-orang yang mengaku sufi.

26. Al-Lamâ’at al-Masyriqiyyah fi al-Mubahats al-Manthiqiyyah: Kitab ini khusus membahas masalah-masalah logika.

27. Lammiyat ikhtishash al-manthaqat bi mawdi’a mu’ayyan min al-falak.

28. Al-mabda’ wa al-ma’ad: Kitab ini membahas mulai dari tauhid sampai ilmu tentang alam akhirat.

29. Mutasyabih al-Quran: risalah ini mengkaji perkataan aliran-aliran yang bermacam dan juga kesimpulan pembahasan ayat kursi.

30. Al-Mizâj

31. Al-Masail al-Qudsiyyah: risalah ini memuat hukum-hukum tentang wujud dan wajib al-wujud, juga berisi tentang penetapan wujud pikiran dan beberapa pembahasan tentang akal dan tingkatan-tingkatannya.

32. Al-Masyâ’ir: Kitab ini berisi tentang pengertian wujud, hakikat wujud dan hal-hal partikular tentang wujud. Paling lengkapnya pembahasan tentang wujud dalam kitab ini.

33. Al-Mazahir al-Ilahiyyah fi Asrâr al-‘Ulum al-Kamâliyah: Kitab ini mengulas tentang makrifat zat, sifat dan perbuatan Tuhan. Penetapan wujud Tuhan, ahadiyyat, wahidiyyat dan asma-asma Tuhan serta hari kemudian.

34. Mafatih al-Ghaib: paling baiknya kitab berkenaan dengan tafsir al-Quran.

35. Al-Waridat al-Qalbiyyah: kitab menjelaskan tentang penyingkapan irfani atas masalah ketuhanan, tingkatan alam besar dan alam kecil (manusia) serta pentingnya pensucian diri dan menjalani maqam-maqamnya.

36. Nomeh hoye Sadr al-mutaallihin: tentang surat-surat pujian Mulla Shadra kepada gurunya Mir Damad.

37. Ashalat j’al al-Wujud: risalah yang menguraikan tentang penciptaan wujud dan secara prinsipil bersandarnya ciptaan kepada wujud.


Hikmah Muta’aliyah

Pada dasarnya hikmah dalam filsafat Mulla Shadra memiliki pengertian khusus yaitu mengenal Tuhan, sifat, perbuatan dan manifestasi-Nya.

Dalam kitab Mafâtih al-Ghaib tentang hikmah muta’aliyyah berkata: hakikat hikmah diperoleh dari ilmu laduni (hudhuri), jika seorang belum mencapai maqam ini maka tidak disebut hakim (seorang yang memiliki hikmah).

Hikmah Muta’aliyah dalam meraih makrifat menggunakan tiga sumber yaitu: argumen rasional (akal), penyingkapan (mukasyafah), al-Quran dan hadis Ahlulbait As, karenanya dikatakan paling tingginya hikmah.

Dalam kitab Asfar dia berkata bahwa argumen akal, penyingkapan dan wahyu sejalan satu sama lain dan tidak saling bertentangan, orang yang tidak mengikuti para nabi dan rasul pada dasarnya tidak memiliki hikmah dan tidak disebut sebagai hakim atau filosof ilahi. Syariat yang benar tidak mungkin bertentangan dengan akal, karena pada prinsipnya keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu makrifat Tuhan, sifat dan perbuatan-Nya.

Untuk sampai ke derajat kasyf dan syuhud maka akal harus dicahayai dengan syariat, karena hakikat-hakikat yang diperoleh lewat argumen akal jika belum menyatu dengan realitas luar maka merupakan hijab untuk mencapai hakikat-hakikat syuhudi, dengan bahasa lain kalau akal belum dicahayai oleh syariat maka segala yang dipahami akal dengan ilmu husuli tidak akan pernah mencapai ilmu huduri.

Menurut filosof ini fiqih untuk mengarahkan amal perbuatan manusia, jika prilaku manusia terarah maka kondisi jiwa manusia akan sempurna menerima pancaran ilmu dan makrifatnya dari Tuhan. Jadi fiqih merupakan pendahuluan bagi kesempurnaan ilmu dan makrifat manusia.

Dalam filsafat Mulla Shadra empat aliran berpikir – aliran peripatetik, iluminasi, kalam dan tasawuf – tergabung secara sempurna dan melahirkan aliran baru filsafat yang disebut Hikmah al-Muta’aliyah, aliran filsafat ini walaupun secara metodologi sama dengan empat aliran di atas tapi pemikiran yang dihasilkannya sangat jauh berbeda. Karenanya aliran filsafat ini dikatakan sebagai aliran yang berdiri sendiri dan sebuah pandangan dunia yang baru.

Aliran filsafat Mulla Shadra mampu menggabungkan antara dotrin Islam dengan pemikiran filsafat. Al-Quran dan hadis dijadikan tumpuan dan sumber ilham untuk menyelesaikan setiap persoalan dan pembahasan yang rumit dalam filsafat. Inilah salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh aliran-aliran filsafat lainnya. Penggabungan dua unsur tersebut menjadikan karya-karya filsafatnya sebuah kitab tafsir agama dan begitu juga sebaliknya kitab tafsir al-Quran dan hadis bisa dinamakan sebuah kitab filsafat. [*]

[1] . Dua tahun setelah kelahiran filosof Descartes.

[2] . Beliau adalah salah seorang marja’ besar di Najaf Asyraf Iraq, menulis banyak buku dalam bidang fiqih, Ushul fiqih, tafsir dan filsafat khususnya mendalami filsafat Mulla Shadra.

[3] . Nama lengkap kitab ini al-Hikmah al-Muta’aliyah fi al-Asfar al-Arba’ah al-Aqliyah. Karya yang terbesar dan terlengkap dalam membahas dotrin-dotrin filsafat dan kritik atas seluruh pemikiran-pemikiran filosof lainnya serta mengungkapkan pemikirannya sendiri di akhir setiap pembahasan.

[4] . Kota suci Qom saat itu belum menjadi kota ilmu dan filsafat, di sini dikuburkan anak perempuan Imam Syiah yang ketujuh (Imam Musa Kazim As) dan saudara perempuan Imam Syiah kedelapan (Imam Ridha As) bernama Sayyidah Ma’shumah.

[5] . Mukasyafah dan musyahadah dari sisi arti sangatlah dekat, dengan perbedaan bahwa mukasyafah lebih sempurna dari musyahadah. Mukasyaafah yaitu jiwa manusia sampai pada tingkat dimana hakikat-hakikat batin dan perkara-perkara akal tersingkap baginya tanpa
berpikir dan berkehendak.


SOURCE

LOGIKA

Logika 300x271 Logika

Pengertian Logika

Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos) yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika adalah salah satu cabang filsafat.

Sebagai ilmu, logika disebut dengan logike episteme (Latin: logica scientia) atau ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur.

Ilmu disini mengacu pada kemampuan rasional untuk mengetahui dan kecakapan mengacu pada kesanggupan akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan. Kata logis yang dipergunakan tersebut bisa juga diartikan dengan masuk akal.

Logika sebagai ilmu pengetahuan

Logika merupakan sebuah ilmu pengetahuan dimana obyek materialnya adalah berpikir (khususnya penalaran/proses penalaran) dan obyek formal logika adalah berpikir/penalaran yang ditinjau dari segi ketepatannya.

Logika sebagai cabang filsafat

Logika adalah sebuah cabang filsafat yang praktis. Praktis disini berarti logika dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Logika lahir bersama-sama dengan lahirnya filsafat di Yunani. Dalam usaha untuk memasarkan pikiran-pikirannya serta pendapat-pendapatnya, filsuf-filsuf Yunani kuno tidak jarang mencoba membantah pikiran yang lain dengan menunjukkan kesesatan penalarannya.

Logika digunakan untuk melakukan pembuktian. Logika mengatakan yang bentuk inferensi yang berlaku dan yang tidak. Secara tradisional, logika dipelajari sebagai cabang filosofi, tetapi juga bisa dianggap sebagai cabang matematika. logika tidak bisa dihindarkan dalam proses hidup mencari kebenaran.

Dasar-dasar Logika

Konsep bentuk logis adalah inti dari logika. Konsep itu menyatakan bahwa kesahihan (validitas) sebuah argumen ditentukan oleh bentuk logisnya, bukan oleh isinya. Dalam hal ini logika menjadi alat untuk menganalisis argumen, yakni hubungan antara kesimpulan dan bukti atau bukti-bukti yang diberikan (premis). Logika silogistik tradisional Aristoteles dan logika simbolik modern adalah contoh-contoh dari logika formal.

Dasar penalaran dalam logika ada dua, yakni deduktif dan induktif. Penalaran deduktif—kadang disebut logika deduktif—adalah penalaran yang membangun atau mengevaluasi argumen deduktif. Argumen dinyatakan deduktif jika kebenaran dari kesimpulan ditarik atau merupakan konsekuensi logis dari premis-premisnya. Argumen deduktif dinyatakan valid atau tidak valid, bukan benar atau salah. Sebuah argumen deduktif dinyatakan valid jika dan hanya jika kesimpulannya merupakan konsekuensi logis dari premis-premisnya.


Contoh argumen deduktif:


1. Setiap mamalia punya sebuah jantung

2. Semua kuda adalah mamalia

3. Setiap kuda punya sebuah jantung

Penalaran induktif—kadang disebut logika induktif—adalah penalaran yang berangkat dari serangkaian fakta-fakta khusus untuk mencapai kesimpulan umum.


Contoh argumen induktif:

1. Kuda Sumba punya sebuah jantung

2. Kuda Australia punya sebuah jantung

3. Kuda Amerika punya sebuah jantung

4. Kuda Inggris punya sebuah jantung

5. …

6. Setiap kuda punya sebuah jantung

Di bawah ini menunjukkan beberapa ciri utama yang membedakan penalaran induktif dan deduktif.

Deduktif

Jika semua premis benar maka kesimpulan pasti benar

Semua informasi atau fakta pada kesimpulan sudah ada, sekurangnya secara implisit, dalam premis.

Induktif

Jika premis benar, kesimpulan mungkin benar, tapi tak pasti benar.

Kesimpulan memuat informasi yang tak ada, bahkan secara implisit, dalam premis.

Sejarah Logika

Masa Yunani Kuno

Logika dimulai sejak Thales (624 SM – 548 SM), filsuf Yunani pertama yang meninggalkan segala dongeng, takhayul, dan cerita-cerita isapan jempol dan berpaling kepada akal budi untuk memecahkan rahasia alam semesta.

Thales mengatakan bahwa air adalah arkhe (Yunani) yang berarti prinsip atau asas utama alam semesta. Saat itu Thales telah mengenalkan logika induktif.

Aristoteles kemudian mengenalkan logika sebagai ilmu, yang kemudian disebut logica scientica. Aristoteles mengatakan bahwa Thales menarik kesimpulan bahwa air adalah arkhe alam semesta dengan alasan bahwa air adalah jiwa segala sesuatu.

Dalam logika Thales, air adalah arkhe alam semesta, yang menurut Aristoteles disimpulkan dari:

* Air adalah jiwa tumbuh-tumbuhan (karena tanpa air tumbuhan mati)

* Air adalah jiwa hewan dan jiwa manusia

* Air jugalah uap

* Air jugalah es

Jadi, air adalah jiwa dari segala sesuatu, yang berarti, air adalah arkhe alam semesta.

Sejak saat Thales sang filsuf mengenalkan pernyataannya, logika telah mulai dikembangkan. Kaum Sofis beserta Plato (427 SM-347 SM) juga telah merintis dan memberikan saran-saran dalam bidang ini.

Pada masa Aristoteles logika masih disebut dengan analitica , yang secara khusus meneliti berbagai argumentasi yang berangkat dari proposisi yang benar, dan dialektika yang secara khusus meneliti argumentasi yang berangkat dari proposisi yang masih diragukan kebenarannya. Inti dari logika Aristoteles adalah silogisme.

Buku Aristoteles to Oraganon (alat) berjumlah enam, yaitu:

1. Categoriae menguraikan pengertian-pengertian

2. De interpretatione tentang keputusan-keputusan

3. Analytica Posteriora tentang pembuktian.

4. Analytica Priora tentang Silogisme.

5. Topica tentang argumentasi dan metode berdebat.

6. De sohisticis elenchis tentang kesesatan dan kekeliruan berpikir.

Pada 370 SM – 288 SM Theophrastus, murid Aristoteles yang menjadi pemimpin Lyceum, melanjutkan pengembangn logika.

Istilah logika untuk pertama kalinya dikenalkan oleh Zeno dari Citium 334 SM – 226 SM pelopor Kaum Stoa. Sistematisasi logika terjadi pada masa Galenus (130 M – 201 M) dan Sextus Empiricus 200 M, dua orang dokter medis yang mengembangkan logika dengan menerapkan metode geometri.

Porohyus (232 – 305) membuat suatu pengantar (eisagoge) pada Categoriae, salah satu buku Aristoteles.

Boethius (480-524) menerjemahkan Eisagoge Porphyrius ke dalam bahasa Latin dan menambahkan komentar- komentarnya.

Johanes Damascenus (674 – 749) menerbitkan Fons Scienteae.

Abad pertengahan dan logika modern

Pada abad 9 hingga abad 15, buku-buku Aristoteles seperti De Interpretatione, Eisagoge oleh Porphyus dan karya Boethius masih digunakan.

Thomas Aquinas 1224-1274 dan kawan-kawannya berusaha mengadakan sistematisasi logika.

Lahirlah logika modern dengan tokoh-tokoh seperti:

* Petrus Hispanus (1210 – 1278)

* Roger Bacon (1214-1292)

* Raymundus Lullus (1232 -1315) yang menemukan metode logika baru yang dinamakan Ars Magna, yang merupakan semacam aljabar pengertian.

* William Ocham (1295 – 1349)

Pengembangan dan penggunaan logika Aristoteles secara murni diteruskan oleh Thomas Hobbes (1588 – 1679) dengan karyanya Leviatan dan John Locke (1632-1704) dalam An Essay Concerning Human Understanding

Francis Bacon (1561 – 1626) mengembangkan logika induktif yang diperkenalkan dalam bukunya Novum Organum Scientiarum.

J.S. Mills (1806 – 1873) melanjutkan logika yang menekankan pada pemikiran induksi dalam bukunya System of Logic

Lalu logika diperkaya dengan hadirnya pelopor-pelopor logika simbolik seperti:

* Gottfried Wilhelm Leibniz (1646-1716) menyusun logika aljabar berdasarkan Ars Magna dari Raymundus Lullus. Logika ini bertujuan menyederhanakan pekerjaan akal budi dan lebih mempertajam kepastian.

* George Boole (1815-1864)

* John Venn (1834-1923)

* Gottlob Frege (1848 – 1925)

Lalu Chares Sanders Peirce (1839-1914), seorang filsuf Amerika Serikat yang pernah mengajar di John Hopkins University,melengkapi logika simbolik dengan karya-karya tulisnya. Ia memperkenalkan dalil Peirce (Peirce’s Law) yang menafsirkan logika selaku teori umum mengenai tanda (general theory of signs)

Puncak kejayaan logika simbolik terjadi pada tahun 1910-1913 dengan terbitnya Principia Mathematica tiga jilid yang merupakan karya bersama Alfred North Whitehead (1861 – 1914) dan Bertrand Arthur William Russel (1872 – 1970).

Logika simbolik lalu diteruskan oleh Ludwig Wittgenstein (1889-1951), Rudolf Carnap (1891-1970), Kurt Godel (1906-1978), dan lain-lain.

Logika sebagai matematika murni

Logika masuk kedalam kategori matematika murni karena matematika adalah logika yang tersistematisasi. Matematika adalah pendekatan logika kepada metode ilmu ukur yang menggunakan tanda-tanda atau simbol-simbol matematik (logika simbolik). Logika tersistematisasi dikenalkan oleh dua orang dokter medis, Galenus (130-201 M) dan Sextus Empiricus (sekitar 200 M) yang mengembangkan logika dengan menerapkan metode geometri.

Puncak logika simbolik terjadi pada tahun 1910-1913 dengan terbitnya Principia Mathematica tiga jilid yang merupakan karya bersama Alfred North Whitehead (1861 – 1914) dan Bertrand Arthur William Russel (1872 – 1970).

Kegunaan logika

1. Membantu setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secara rasional, kritis, lurus, tetap, tertib, metodis dan koheren.

2. Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif.

3. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.

4. Memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas-asas sistematis

5. Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpkir, kekeliruan serta kesesatan.

6. Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.

7. Terhindar dari klenik , gugon-tuhon ( bahasa Jawa )

8. Apabila sudah mampu berpikir rasional,kritis ,lurus,metodis dan analitis sebagaimana tersebut pada butir pertama maka akan meningkatkan citra diri seseorang.

Logika alamiah

Logika alamiah adalah kinerja akal budi manusia yang berpikir secara tepat dan lurus sebelum dipengaruhi oleh keinginan-keinginan dan kecenderungan-kecenderungan yang subyektif. Kemampuan logika alamiah manusia ada sejak lahir.

Logika ilmiah

Logika ilmiah memperhalus, mempertajam pikiran serta akal budi.

Logika ilmiah menjadi ilmu khusus yang merumuskan azas-azas yang harus ditepati dalam setiap pemikiran. Berkat pertolongan logika ilmiah inilah akal budi dapat bekerja dengan lebih tepat, lebih teliti, lebih mudah dan lebih aman. Logika ilmiah dimaksudkan untuk menghindarkan kesesatan atau, paling tidak, dikurangi. [*] Wikipedia.

****

Referensi

1. Pengantar Logika. Asas-asas penalaran sistematis. Oleh Jan Hendrik Rapar. Penerbit Kanisius. ISBN 979-497-676-8

2. Logika Selayang Pandang. Oleh Alex Lanur OFM. Penerbit Kanisius 1983. ISBN 979-413-124-5


SOURCE

Facebook Lakukan Percobaan Teknologi Pendeteksi Wajah

Facebook Lakukan Percobaan Teknologi Pendeteksi Wajah


BIASANYA, ketika seorang pengguna Facebook ingin men-tag seseorang di sebuah foto untuk mengidentifikasi mereka, maka si pengguna harus mengklik wajah setiap orang dan kemudian pilih nama mereka dari daftar drop-down.


Namun, dengan sistem baru yang dibuat oleh Facebook, yaitu sebuah perangkat lunak yang dapat mendeteksi wajah-wajah dalam foto, pilih mereka, dan meminta pengguna untuk menjawab pertanyaan – ‘wajah siapa ini? “, ini dapat memudahkan dalam penandaaan seseorang.


Seperti yang dikutip dari blog Facebook, perangkat lunak ini adalah teknologi pendeteksi wajah yang sama yang digunakan oleh kebanyakan kamera digital.


Sam Odio, manager produk foto Facebook, menulis di blog: “Dengan fitur baru ini, penandaan lebih cepat karena Anda tidak perlu memilih wajah. Ini sudah dipilih untuk Anda, seperti empat persegi panjang yang Anda lihat di sekitar wajah teman Anda ketika Anda mengambil foto dengan kamera digital modern. Semua yang masih tersisa untuk Anda lakukan adalah mengetikkan nama dan tekan enter. Keren, ya? ”


Dia menambahkan: “Fitur penandaan baru sedang dalam percobaan. Ini akan dilakukan untuk melakukan posting di masa depan yang berguna untuk pekerjaan browsing, upload dan penandaan.”



SOURCE

Thursday, May 19, 2011

iPhone 4 dibobol oleh hacker



Tak perlu menunggu waktu yang lama bagi iPhone 4 untuk dikerjai para pengoprek. Beberapa saat setelah dirilis ke publik, ada kelompok hacker yang mengaku telah berhasil membobol gadget anyar Apple tersebut.

Dalam sebuah situs bernama Redmond Pie yang dikutip Selasa (29/6/2010), pelaku pembobolan mengaku menggunakan aplikasi jailbreak Spirit untuk memanfaatkan celah di iPhone 4 agar bisa ditembus.



Dua screenshot pun dilampirkan dalam situs tersebut sebagai bukti kesuksesan mereka menembus sistem di iPhone 4. Pertama adalah tampilan ketika iPhone menjalankan Cydia, situs aplikasi untuk perangkat oprekan. Sementara gambar kedua menampilkan root dari perangkat ini.

Sebagai gadget baru, iPhone 4 tentu dinilai sangat ’seksi’ dalam memancing hasrat para penjahat cyber untuk coba mengopreknya.

iPhone 4 sendiri baru mencatatkan namanya dalam rekor penjualan bagi Apple. Dalam waktu 3 hari, gadget layar sentuh ini sudah ludes hingga 1,7 juta unit.



SOURCE

Windows 8 akan rilis sekitar tahun 2012?



Raksasa software Microsoft telah siap mengusung teknologi terbarunya dalam melengkapi koleksi dari sistem operasi Wndowsnya. Beredar kabar, Windows 8 bakal hadir pada tahun 2012 mendatang. Adapun versi beta Windows 8 akan dimulai di awal 2011. Benarkah?

Seperti dikutip dari dari Softpedia, hari Jumat (2/7/2010). Suksesor Windows 7 tersebut memang direncanakan hadir setelah tiga tahun kehadiran Windows 7 di pasaran. Microsoft mengungkap bahwa mereka takkan mengulangi jeda waktu lama yang terjadi antara evolusi Windows XP ke Vista.


Sejalan dengan itu, Windows 8 dilaporkan hadir pada pertengahan 2012 atau dua tahun lagi. Sebelumnya, Mary-Jo Foley dari Zdnet pernah mengungkapkan bahwa Microsoft telah rampung meramu Milestone 1, yang bakal menjadi cikal bakal Windows 8. Versi betanya kemungkinan bakal hadir mulai 2011.

Sayangnya, Microsoft belum buka suara. Raksasa software asal Redmond itu belum memberi konfirmasi resmi.

Sebagai informasi, dokumen Windows 8 sebelumnya pernah bocor ke publik. Salah satu yang terungkap dalam dokumen itu, Windows 8 akan difokuskan pada tiga bentuk perangkat: laptop, PC ‘all in one’ dan slate alias tablet.

Turut disebut-sebut pula dalam dokumen itu adalah keberadaan toko aplikasi Windows Store. Ini merupakan sebuah toko aplikasi ala App Store-nya Apple ataupun Android Market-nya Google namun untuk aplikasi yang berjalan di Windows 8.



SOURCE

Inilah Kemewahan dari Mobil Mercy SLS AMG



Mobil berkelir hitam mengkilat itu terdiam manis di sudut pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Itulah si Mercy SLS AMG atau Si Burung Camar. Mobil super sport andalan Mercy yang dijual Rp 4,7 miliar on the road Jakarta, tidak kurang dan tidak lebih.

Namun, apa saja keunggulan hingga kenikmatan mobil sport tersebut, hingga Mercedes-Benz berani menyodorkan mobil yang menjadi safety car yang paling dahsyat di lintas balapan Formula 1 itu. Nah, detikOto coba memberikan gambaran kepada Anda.

Tampak dari luar, rasa ingin menginjak pedal gas yang terkoneksi pada mesin berkapasitas 6.208 cc DOHC 32 valve V8 sangat besar. Ketika mengibaskan pintu berkonsep gullwing secara manual, aura mobil sport mulai terasa dan sangat kental menyelimuti mobil yang hanya bisa menampung 2 penumpang itu.

Sisi interior hanya disematkan 2 warna, merah gelap dan hitam dari kulit asli. Tak pikir panjang kursi balap langsung duduki. Mmm, nyaman sekali.

Sayang kabin penumpang agak sempit, itu karena memang mobil ini mengusung konsep balap, jangan harap Anda bisa menemukan kabin yang lega di sini.

Beda dengan mobil balapan Nascar, SLS AMG tidak ada roll bar di dalam kabin.

Dari pantauan detikOto, bagian interiornya tidak seperti Mercy umumnya yang biasa menyediakan fitur wah. Fitur entertainment yang diusung mirip mobil seharga Rp 160 – 320 juta. Sebut saja seperti DVD player dan fitur pendukung lainnya seperti radio FM/AM yang dapat dipantau lewat layar di konsole depan.

Namun ya itu tadi, mobil ini khusus untuk Anda yang ingin ngebut.

Bagaimana, dengan pandangan pengemudi. Nah, jika Anda bertubuh agak pendek, sebaiknya Anda berhati-hati mengendarainya.

Sebab, engine hood yang panjang membuat sudut pandang Anda tertutup. Terlebih pengaturan jok kursi tidak bisa ditinggikan, hanya maju mundur yang dioperasikan secara manual.

Raungan mesin yang menyemburkan tenaga 563 bhp dengan dukungan torsi 479 lb-ft mulai terdengar hingga ke kabin penumpang, sebagai tanda Engine Start ditekan di konsole tengah.

Bodi mobil agak bergetar, namun kenyataan itu bukan hal aneh untuk mobil seukuran SLS AMG.

Fitur i-drive diputar ke ‘D’, mobil pun siap untuk digeber. Ketika pedal gas dibejek, mobil melaju sangat cepat.

Gila, dalam hitungan 2 detik saja jarum kilometer menginjak angka 90 km/jam. Hasil itu menguatkan klaim Mercedes-Benz yang menyebutkan mobil tersebut bisa beranjak dari titik diam ke 100 km per jam dengan waktu 3 detik. Sungguh dahsyat dan penuh prestise.

Dari segi pengereman, mobil tersebut ternyata cukup handal. Sebab, di keempat kaki-kaki tersemat dics break lebar yang digenggam dengan piston bawaan pabrik.

Sayang, pengalaman dengan SLS AMG tidak bisa lebih lama lagi. SLS tidak bisa dieksplorasi lebih dalam, dengan alasan tempat pengetesan di pabrik yang tidak mumpuni untuk mobil sport tersebut.

Dari apa yang telah kami rasakan, mobil super sport ini memang pantas untuk dimiliki pecinta mobil cepat dan berkocek tebal. Pasti semua orang terpana melihat Anda mengendarai mobil ini di jalanan…



SOURCE

Opera 10.60 browser tercepat telah resmi diluncurkan



Jakarta – Siapa tak kenal dengan browser Opera, sudah lama bersanding dengan pesaing beratnya yaitu Firefox tapi tetap saja browser ini masih jadi pilihan untuk berselancar di dunia maya. Beberapa waktu lalu Opera sempat merilis versi Beta untuk browser teranyar mereka, Opera 10.6. Kini browser yang diklaim paling cepat itu, sudah resmi diluncurkan.

Pengujian yang pernah dilakukan pada browser Opera 10.6 Beta, menunjukan peningkatan performa yang cukup signifikan. Opera mengklaim browser ini lebih cepat 50 persen pada uji Javascript tertentu dibandingkan seri Opera sebelummnya.


Selain peningkatan performa, Opera 10.6 juga semakin kaya fitur dengan dibenamkannya teknologi Web seperti, search suggestions, Geolocation, WebM dan Web worker, serta HTML5 untuk aplikasi offline.

Geolocation sendiri adalah fitur terbaru untuk mendeteksi lokasi pengguna melalui

browser. Fitur ini dapat dilihat dari peta interaktif yang disediakan Opera di situs www.opera.com/portal/geo.

Sedangkan dukungan Opera terhadap teknologi HTML 5 Appcache dan Web Workers, memungkinkan penggunaan browser untuk aplikasi yang lebih luas, misalnya sebagai pengolah kata, penyunting gambar dan lainnya.

Untuk pengguna yang ingin mencicipi, dapat langsung mengunduh pada situs www.opera.com/download. Sedangkan bagi pengguna browser Opera sebelumnya, dapat langsung menggunakan versi terbaru melalui Menu Help, lalu tujukan pointer pada opsi Check for Updates.



SOURCE

ePhone 4GS kloningan iPhone dengan harga murah meriah



Jakarta – Bukan China namanya kalo tidak jago membuat produk kloningan dalam persaingan pasar. Untuk kesekian kalinya, China melahirkan ‘kembaran-kembaran’ produk ternama yang tengah digandrungi. Produk terbaru hasil kreasi industri di Negeri Tirai Bambu itu adalah ePhone 4GS, kloningan dari iPhone 4.

Tentu saja masih sama seperti produk-produk terdahulu, iPhone 4 ‘wanna be’ ini tak bisa disandingkan dalam hal kualitas dan kemampuan. Sebab, mereka hanya bermain di faktor harga dan memanfaatkan momentum kepopuleran si produk asli.


Dikutip dari Tg Daily, Jumat (2/7/2010), jika iPhone 4 berkapasitas 16 GB dibanderol di kisaran harga US$ 199, maka ePhone 4GS hanya berlabel US$ 85 atau sekitar Rp 800 ribuan.

ePhone 4GS yang dirakit di salah satu pabrik di Shenzen, China ini tengah coba mengekspansi pasar ponsel China, terutama melalui penawaran-penawaran yang dilakukan di dunia maya.

Dilihat dari tampilannya, sekilas ePhone 4GS memang terkesan elegan. Memiliki layar lebar dan dibalut casing hitam mengkilap seakan membuatnya benar-benar keluaran Apple.

Namun jika ditelisik lebih lanjut, kelemahan gadget ini bakal mudah dirasakan. Mulai dari displaynya yang beresolusi rendah hingga casing plastiknya yang terbuat dari bahan murahan.

Sebelumnya, produk Apple lain, yakni iPad juga menjadi korban kloningan, yaitu dari sebuah produk yang bernama iPed. Produk ini juga dirilis di Shenzhen.

iPed dijual dengan harga sekitar US$ 150 atau sekitar Rp 1,38 juta. Harga ini tentu jauh lebih murah dibandingkan seri termurah iPad yang dibanderol US$ 500 atau sekitar Rp 4,6 juta.


SOURCE

Blog Archive